Perkuat Ekspor, COCO Targetkan Produksi Cokelat Capai 10.600 Ton di 2021

Rabu, 20 Maret 2019 12:35 Reporter : Merdeka
Perkuat Ekspor, COCO Targetkan Produksi Cokelat Capai 10.600 Ton di 2021 coklat. shutterstock

Merdeka.com - Direktur Utama PT Wahana Interfood Nusantara (COCO) Reinald Siswanto mengatakan akan meningkatkan kapasitas produksi pasca melantai perdana di bursa saham. Upaya ini dilakukan seiring usaha perseroan berekspansi bisnis ke pasar ekspor coklat.

Dia menuturkan, potensi pasar cocoa dalam negeri sangat besar. Oleh karena itu, pihaknya kini ingin memperluas ekspor coklat dan cocoa melalui kegiatan ekspor.

"Salah satu kendala kita saat ini market lokal sangat besar tapi kita ada masalah dengan kapasitas produksi sedangkan market ekspor itu sangat besar dengan peningkatan kapasitas kita ingin memperkuat ekspor kita ke depannya," ujarnya di Jakarta, Rabu (20/3).

Dia pun berharap kapasitas produksi bertambah menjadi 10.600 ton pada 2021 dengan tingkat utilisasi sampai dengan 70 persen. "Minimal 10 persen untuk market penjualan harus ada di ekspor di 2021 kita," jelasnya.

Saat ini, kontribusi pasar ekspor baru 1 persen dari total penjualan perseroan. Adapun negara-negara tersebut seperti Spanyol dan Amerika.

"Ekspor kita hanya 1 persen tetapi diversifikasi kita sudah ke Spanyol, Pakistan, Korea, Jepang, Australia, Asia Tenggara sudah semuanya juga kita sudah di Amerika juga," tandasnya.

Sebelumnya, Saham PT Wahana Interfood Nusantara (COCO) resmi dicatatkan dan diperdagangkan (Initial Public Offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI), pada hari ini. Perusahaan yang memproduksi cocoa dan cokelat berkualitas premium tersebut menjadi emiten ketujuh di BEI tahun 2019 atau perusahaan tercatat ke-625.

Harga Penawaran Umum Perdana saham COCO ditetapkan sebesar Rp 198 per unit. Adapun jumlah saham perseroan yang dilepas ke publik mencapai 168 juta unit.

Angka tersebut sebesar 33,07 persen dari modal disetor dan ditempatkan COCO setelah IPO. Dari aksi korporasi ini, perseroan memperoleh tambahan modal sebesar Rp 33,264 miliar.

Reporter: Bawono Yadika Tulus

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini