Perketat Protokol Kesehatan, Pemerintah Bakal Gelar Operasi Yustisi

Kamis, 10 September 2020 15:43 Reporter : Anisyah Al Faqir
Perketat Protokol Kesehatan, Pemerintah Bakal Gelar Operasi Yustisi Angkot beroperasi dengan penerapan protokol kesehatan. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Pemerintah berencana akan menggelar operasi yustisi. Operasi ini merupakan kegiatan yang bertujuan mengetatkan kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona.

"Pemerintah juga akan menggelar operasi yustisi yaitu operasi yang akan mengetatkan kedisiplinan masyarakat," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Kamis (10/9).

Airlangga menuturkan pihaknya telah membahas ini dalam rapat di Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Operasi ini nantinya akan melibatkan jajaran dari aparat TNI dan Polri. "Ini tadi sudah dirapatkan juga dalam komite yang melibatkan juga Wakapolri dan WaKasad," kata dia.

Selain masyarakat umum, operasi yustisi juga akan berlaku bagi para pekerja di perkantoran. "Ini akan terus dijalankan juga termasuk di perkantoran," kata dia.

Sampai tanggal 10 September 2020, tercatat sudah 203.342 pasien terkonfirmasi positif virus corona. Sebanyak 8.336 orang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19. Meski begitu, sudah da 145.200 pasien yang sembuh dan 49.806 orang masih menjalani perawatan.

Sebelumnya, Menko Airlangga menyebutkan akan menambah fasilitas kesehatan, mulai dari bed untuk rumah sakit rujukan covid-19, hingga sejumlah obat-obatan untuk pasien isolasi mandiri. Dari sisi kebijakan, akan dilakukan flexible working. Melalui berbagai langkah tersebut, diharapkan akan dapat menekan persebaran covid-19. Pemerintah menegaskan, bahwa tidak ada kapasitas kesehatan yang terbatas.

"Pemerintah sudah mempunyai dana yang cukup dan pemerintah akan terus menambah kapasitas bed sesuai dengan kebutuhan dan meyakinkan bahwa seluruh daerah termasuk DKI Jakarta kapasitas pelayanan kesehatan akan terus dimaksimalkan oleh pemerintah," jelas Airlangga.

Reporter: Pipit Ika Ramadhani

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini