Perkembangan Transportasi dan Infrastruktur Dukung Suksesnya Mudik 2022

Senin, 23 Mei 2022 15:17 Reporter : Merdeka
Perkembangan Transportasi dan Infrastruktur Dukung Suksesnya Mudik 2022 Arus Mudik di Tol CIkampek. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengklaim, penyelenggaraan transportasi mudik 2022 sukses dibandingkan mudik sebelum masa pandemi.

Menurutnya, kesuksesan ini didukung dengan semakin berkembangnya teknologi transportasi massal seperti kereta, bis, kapal, pesawat udara, dan kendaraan pribadi, serta masifnya pembangunan infrastruktur transportasi.

"Presiden Jokowi mengakui keberhasilan penanganan mudik tahun ini. Beliau mengapresiasi karena tidak ada pemudik yang terjebak dalam kemacetan yang terlampau lama (24 jam atau lebih)," kata Budi dalam penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Causa) dari Universitas Gadjah Mada kepada Menhub Budi, di UGM, Senin (23/5).

Berdasarkan hasil Survei oleh Indikator Politik dan SMRC tahun 2022 menyatakan, sebanyak 76,7 persen responden puas dengan kinerja pemerintah terkait arus mudik 2022. Dilihat dari sisi keselamatan, jumlah kecelakaan menurun drastis.

Di sisi lain, data Jasa Raharja menyatakan, secara keseluruhan jumlah santunan yang diserahkan Jasa Raharja pada periode mudik 2022 turun 50 persen. Moda udara juga berhasil mengakomodasi pelayanan mudik meskipun dengan armada yang berkurang akibat krisis pandemi dan ekonomi.

Dia menegaskan, keberhasilan pengelolaan transportasi mudik tahun ini adalah hasil kolaborasi Kementerian Perhubungan bersama Lembaga DPR, Kemenko PMK, Kementerian Lembaga, POLRI, Akademisi, dan juga media.

Hal ini menjadi bukti keberhasilan sektor transportasi dalam merajut keberagaman melalui kolaborasi, dan silaturahmi baik secara religi maupun secara budaya antar masyarakat, antar budaya, antar suku dan agama.

"Pelaksanaan mudik gratis baik yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan, BUMN, swasta serta komunitas juga merupakan bentuk pelayanan mudik terhadap masyarakat," jelas Budi.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Peningkatan Mobilitas Masyarakat Saat Mudik Dorong Pemulihan Ekonomi
Lapor Jokowi, Menko PMK Sampaikan Kasus Kecelakaan Mudik 2022 Turun 11%
Survei SMRC: 47 Persen Warga Memenuhi Persyaratan Mudik 2022
Survei SMRC Terbaru: 88% Pemudik Puas Pelayanan Transportasi Umum Selama Lebaran 2022
Survei SMRC: Kepuasan Publik ke Jokowi Naik jadi 76,7% karena Mudik

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini