Perkembangan Covid-19 Masih Jadi Tantangan Pemulihan Ekonomi hingga Tahun Depan

Selasa, 4 Mei 2021 14:15 Reporter : Dwi Aditya Putra
Perkembangan Covid-19 Masih Jadi Tantangan Pemulihan Ekonomi hingga Tahun Depan Menkeu Sri Mulyani. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi menyadari perkembangan Covid-19 masih akan menjadi tantangan terhadap pemulihan ekonomi. Bahkan tidak hanya tahun ini saja, tantangan akibat dari pandemi ini diprediksi masih berlanjut hingga tahun depan.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, saat ini kasus harian Covid-19 di seluruh dunia terus meningkat dengan mencapai lebih dari 800 ribu kasus per hari. Selain itu muncul berbagai varian baru covid-19, serta adanya gelombang baru pandemi yang terjadi di berbagai negara besar.

"Varian baru mungkin akan menimbulkan komplikasi dalam penanganan covid. Pada saat yang sama kita melihat meskipun program vaksinasi dimulai di seluruh dunia, namun aksesnya tidak merata," kata dia dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021, Selasa (4/5).

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengakui saat ini Indonesia sudah dimasuki oleh virus varian baru seperti di India. Dia membeberkan hingga saat ini sudah ada 10 orang terpapar virus tersebut.

"Bahwa virus itu sudah masuk juga di Indonesia. Ada 10 orang yang sudah terkena," kata Budi dalam YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/4).

Dia mengatakan virus tersebut di temukan di Sumatera, Jawa Barat, dan Kalimantan. Budi merinci 6 orang di antaranya masuk dari luar negeri, kemudian 4 lainnya yaitu transmisi lokal.

"Virus tersebut 6 di antaranya adalah impor, jadi masuk dari luar negeri 4 di antaranya adalah transmisi lokal yang ini yang kita perlu jaga. 2 di Sumatera, 1 di Jawa Barat, dan 1 di Kalimantan Selatan," bebernya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini