Peringkat daya saing naik, Sri Mulyani pede investasi segera banjiri RI

Jumat, 29 September 2017 17:20 Reporter : Siti Nur Azzura
Peringkat daya saing naik, Sri Mulyani pede investasi segera banjiri RI Sri Mulyani. ©2017 merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati angkat bicara soal meningkatnya peringkat daya saing Indonesia dari posisi ke-41 menjadi peringkat 36, berdasarkan survei World Economic Forum (WEF).

Menurutnya, kenaikan peringkat daya saing menggambarkan bahwa Indonesia siap untuk berinvestasi. Baik investasi dalam bidang infrastruktur, pendidikan, maupun sosial ekonomi.

"Kenapa World Economic Forum mengatakan Indonesia daya saingnya maju lagi dari 41 jadi 36 itu penting. Karena itu menggambarkan Indonesia memiliki daya atraksi untuk berinvestasi, dan itu penting. Karena itu menandakan bahwa the capital will come to the economy," ujar Sri Mulyani di Gedung Pertamina, Jakarta, Jumat (29/9).

Menurutnya, faktor yang memengaruhi meningkatnya daya saing tersebut adalah Indonesia memiliki pasar yang besar. Dengan jumlah penduduk mencapai 257 juta jiwa, Indonesia merupakan pasar yang menarik bagi negara lain.

"Indonesia sebagai negara dengan middle income, kalau kita lihat WEF rating kita naik itu karena salah satu strong point adalah karena Indonesia marketnya besar," katanya.

Selain itu, faktor yang memengaruhi lainnya adalah kebijakan ekonomi pemerintah yang baik. Menurutnya, dengan disederhanakannya berbagai regulasi, perizinan, dan didorongnya kemudahan berinvestasi, maka daya saing Indonesia bisa meningkat.

"Inilah kenapa pemerintah ingin regulasi lebih mudah, perizinan dipermudah, kenapa pemerintah investasi sangat besar di infrastruktur, kenapa presiden jokowi ingin agar EODB bisa jauh lebih mudah," imbuhnya. [sau]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini