Peringati Hari Guru, DJP Kenalkan Pajak kepada Mahasiswa dan Pelajar

Senin, 25 November 2019 11:51 Reporter : Anggun P. Situmorang
Peringati Hari Guru, DJP Kenalkan Pajak kepada Mahasiswa dan Pelajar Gedung Dirjen pajak. Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan merayakan Hari Guru Nasional 2019 melalui kegiatan Pajak Bertutur yang diselenggarakan di Kantor Pusat DJP, Jakarta. Pada acara ini DJP menyerahkan penghargaan Edutax Award kepada para pihak yang telah membantu atau berperan dalam upaya menumbuhkan kesadaran pajak di lingkup nasional.

Direktur Jenderal Pajak, Suryo Utomo, mengatakan pajak bertutur merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan pajak terhadap pelajar SD, SMP dan SMA serta mahasiswa. Pengenalan pajak tersebut dilakukan dengan menyisipkan perpajakan terhadap mata pelajaran maupun perkuliahan.

"Anak-anak ini perlu dikenalkan mengenai pajak. Tidak mendalam karena itu dipelajari oleh mahasiswa dengan jurusan tertentu. Tapi mahasiswa dengan disiplin ilmu berbeda ini perlu tahu, pajak itu apa dan gunanya apa, untuk pembangunan nasional," ujarnya di Kantor Pajak, Jakarta, Senin (25/11).

Rangkaian kegiatan Pajak Bertutur tahun ini dilaksanakan secara serentak mulai Jumat 22 November 2019. Dengan mengusung tema 'Guru, Baktimu Tiada Tara', kegiatan Pajak Bertutur 2019 dilaksanakan oleh 1760 pegawai di KPP dan KP2KP seluruh Indonesia melalui kegiatan mengajar nilai-nilai kesadaran pajak di seluruh Indonesia kepada peserta didik jenjang SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi.

1 dari 1 halaman

Ditjen Pajak Ingin Tumbuhkan Literasi Pajak Masyarakat

Di tingkat Kanwil DJP, kegiatan yang diselenggarakan adalah gathering untuk memberi apresiasi dan penghargaan kepada para pemangku kepentingan pendidikan yang telah bekerjasama dalam menyukseskan program inklusi kesadaran pajak di wilayah kerja masing-masing.

Pajak Bertutur merupakan bagian dari Gerakan Sadar Pajak yang telah berjalan sejak tahun 2017 dengan tujuan untuk menumbuhkan literasi pajak melalui edukasi kepada para peserta didik di seluruh jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Untuk itu DJP menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas dukungan dan kerjasama semua pihak yang telah mendukung upaya pembangunan kesadaran pajak untuk meningkatkan literasi dan kepatuhan pajak masyarakat Indonesia.

Selain penyerahan penghargaan Edutax Award, 350 peserta kegiatan Pajak Bertutur hari ini juga mengikuti kuliah umum dari Marsekal Muda TNI Sungkono dari Dewan Ketahanan Nasional yang membahas mengenai bagaimana pajak dapat dipahami sebagai salah satu perwujudan dari bela negara rakyat Indonesia.

[bim]

Baca juga:
Implementasi SIN Dapat Dongkrak Rasio Pajak hingga 19 Persen
Mantan Dirjen Pajak Sosialisasikan SIN Kepada Wisudawan STPI
KPPOD Temukan 347 Perda Bermasalah Penghambat Investasi
Kemenkeu Janji Kejar Pajak Netflix Cs Dalam 2 Bulan
Penerimaan Pajak Baru Capai Rp1.018 Triliun Hingga Oktober 2019
Warga Bekasi Bayar Pajak Bumi dan Bangunan Pakai Sampah

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini