Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Tanda Tangan Perjanjian Kerja

Jumat, 15 Oktober 2021 06:00 Reporter : Merdeka
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Tanda Tangan Perjanjian Kerja wawancara kerja. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Sebelum resmi bekerja di sebuah perusahaan, ada beberapa tahapan dan proses yang harus dilalui calon pekerja/pelamar, salah satunya melakukan penandatanganan kontrak atau perjanjian kerja. Kegiatan tersebut seringkali disepelekan karena dianggap mudah, hanya menandatangani surat perjanjian kerja, lalu selesai dan Anda siap diterima di perusahaan tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengimbau untuk lebih teliti sebelum melakukan tanda tangan.

Beberapa hal perlu dicermati dan dikonfirmasi lebih lanjut untuk menghindari kesalahpahaman di masa mendatang selama proses bekerja. Sebagai karyawan, Anda memiliki hak sebagai tenaga kerja yang harus dapat dijamin.

Nantinya, melalui kontrak atau perjanjian kerja yang tertera dapat menentukan kondisi, situasi, dan cara kerja yang berlangsung selama beberapa tahun ke depan.

"Banyak hal yang harus Rekaner (rekan tenaga kerja) perhatikan serta konfirmasi lebih lanjut sebelum menyetujui dan menandatangani surat perjanjian kerja," demikian yang tertulis dalam unggahan akun resmi Instagram Kemnaker di @kemnaker, Kamis (14/10).

Disebutkan ada 5 hal yang harus dibaca dan diperhatikan sebelum menandatangani perjanjian kerja dengan pihak perusahaan. Ada apa saja sih?

1. Posisi, seperti deskripsi pekerjaan dan status hubungan kerja di perusahaan
2. Waktu kerja
3. Gaji, manfaat, dan fasilitas di perusahaan
4. Hak dan kewajiban yang diterima selama bekerja
5. Syarat dan ketentuan saat mengajukan surat pengunduran diri.

Baca Selanjutnya: Kelima hal tersebut penting untuk...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pekerjaan
  3. Tips Keuangan
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini