Perencana Keuangan: Saat Ini Paling Tepat Beli Mobil Baru untuk Bisnis

Minggu, 14 Maret 2021 13:00 Reporter : Anisyah Al Faqir
Perencana Keuangan: Saat Ini Paling Tepat Beli Mobil Baru untuk Bisnis Ekspor mobil. ©2013 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Kementerian Perindustrian mencatat adanya peningkatan permintaan kendaraan atau mobil baru pada sejumlah prinsipal dalam negeri. Hal ini terjadi karena mulai berlakunya kebijakan penurunan tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) atau diskon pajak untuk kendaraan bermotor.

Perencana Keuangan di Advisor Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho menilai, diskon pajak tersebut sangat tepat untuk dimanfaatkan masyarakat jika pembelian unit baru tersebut untuk dijadikan barang produktif.

"Kalau buat bisnis sekarang ini sangat tepat," kata Andy saat berbincang dengan merdeka.com, Jakarta, Minggu (14/3).

Kendaraan baru seperti mobil bisa digunakan masyarakat untuk mendapatkan uang tambahan seperti taksi online. Bisa juga untuk alat pengangkutan dalam menjalankan bisnis online yang saat ini banyak dilakukan banyak orang.

"Bisnisnya tidak harus taksi online, bisa juga buat disewakan lagi atau buat alat pengangkutan juga yang penting produktif, menghasilkan penghasilan," kata dia.

Meski begitu, Andy mengingatkan sebagai alat produktif juga harus membuat pertimbangkan jumlah penghasilannya. Masyarakat diminta membandingkan besaran pendapatan yang bisa diperoleh dengan besaran cicilan kredit mobil atau motor yang perlu dibayarkan.

"Beli barang produktif sekarang ini tepat tapi perlu dipikirkan juga besaran cicilannya," kata dia.

Lebih dari itu, Andy mengatakan pembelian kendaraan baru saat ini harus direncanakan dengan matang. Semua disesuaikan dengan keperluan dan kemampuan masyarakat.

"Pagar utamanya ini kebutuhan buat apa dan kemampuannya bagaimana. Semua kembali ke keperluan dan kemampuan," kata dia mengakhiri. [idr]

Baca juga:
Ada Diskon Pajak, Masyarakat Diminta Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Beli Mobil Baru
Penjualan Mobil Meroket Setelah Ada Diskon Pajak, Ini Tipe Paling Diburu Masyarakat
Tipe Mobil Honda yang Diburu Pembeli Usai Ada Pembebasan Pajak Mobil Baru
Insentif PPnBM dan Properti Jadi Andalan Pemerintah Genjot Konsumsi
Alasan Kemenkeu Sempat Tolak Pemberian Diskon Pajak Pembelian Mobil Baru
Strategi Pemerintah Pastikan Implementasi Diskon Pajak Kendaraan Tepat Sasaran

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini