Perbaiki Jalan Rusak, Ridwan Kamil: Dua Tahun Tertunda karena Anggaran Dialihkan

Rabu, 22 Maret 2023 14:30 Reporter : Anisyah Al Faqir
Perbaiki Jalan Rusak, Ridwan Kamil: Dua Tahun Tertunda karena Anggaran Dialihkan Jalan berlubang. ©2014 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil membeberkan bahwa Pemerintah Daerah tengah melakukan perbaikan di 71 ruas jalan di Jawa Barat. Perbaikan jalan tersebut merupakan proyek yang tertunda karena pandemi Covid-19.

"Tahun 2023 ini, 71 ruas jalan Jabar segera diperbaiki," kata Ridwan Kamil dalam cuitannya di akun twitter @ridwankamil, dikutip di Jakarta, Rabu (22/3).

Emil sapaan akrabnya menyebut penundaan proyek perbaikan jalan tersebut karena anggaran infrastruktur untuk bantuan sosial (bansos). Bansos tersebut akan diberikan untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Setelah 2 tahun tertunda karena anggaran infrastruktur yang tergeser untuk bantuan sosial Covid-19,” katanya.

Dia menjelaskan setiap tahun anggaran pada Januari-Maret merupakan jadwal pelelangan proyek. Emil menyebut sudah ada 62 paket infrastruktur yang berkontrak dengan total panjang perbaikan 337,342 kilometer (km).

“Beberapa paket pekerjaan akan (mulai dikerjakan) di Maret minggu kedua dan selesai Juli,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Meski begitu, Emil mengatakan kerusakan jalan harus dilakukan dengan pemeliharaan rutin. Misalnya dengan gerakan sapu lubang yang akan terus digencarkan, utamanya menjelang hari raya Lebaran.

"Tetapi untuk mengatasi kerusakan jalan berlubang melalui pemeliharaan rutin gerakan sapu lubang akan diupayakan tuntas agar menjelang Lebaran diselesaikan," katanya.

Emil menambahkan berbagai perbaikan jalan tersebut dilakukan hampir di setiap kabupaten/kota di Jawa Barat. Namun perbaikan yang dilakukan hanya pada jalan-jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jabar.

"Ruas jalan yang diperbaiki hampir ada di setiap kabupaten/kota yang menjadi kewenangan Provinsi Jabar atau jalan provinsi," pungkasnya.

Sebelumnya, beredar foto spanduk di media sosial berisi kekecewaan warga yang mengeluhkan jalan rusak. Beberapa kalimat yang tertulis menyatakan sikap tidak akan memilih Ridwan Kamil jika akan maju pada Pilgub Jabar untuk melanjutkan periode kedua. [idr]

Baca juga:
Ganjar Siapkan Rp68 M untuk Perbaikan Jalan Daendels Pantai Selatan Tahun Ini
Pengendara Kecelakaan Akibat Jalan Rusak Bisa Gugat Bina Marga, Ini Penjelasannya
Gerak Cepat Ganjar Perbaiki Jalan Ambarawa-Bandungan Demi Hidupkan Wisata
Lewati Jalan Berlumpur, Ini Perjuangan Para Siswa di Grobogan Berangkat Sekolah
Sopir di Musi Rawas Buat Laporan Palsu Ditembak saat Antar Sawit, Ini Motifnya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini