Peran Bank Indonesia Naikkan Kelas UMKM dengan Pelatihan Hingga Bisa Ekspor

Senin, 1 Maret 2021 15:53 Reporter : Merdeka
Peran Bank Indonesia Naikkan Kelas UMKM dengan Pelatihan Hingga Bisa Ekspor Pengrajin Batik Betawi. ©2013 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi NTB Iwan Kurniawan, mengatakan dalam rangka mendukung UMKM di Indonesia, BI memiliki program Wirausaha Unggulan Bank Indonesia atau WUBI.Iwan menjelaskan Bank Indonesia fokus mengembangkan UMKM karena sangat berpengaruh terhadap sektor perekonomian daerah.

"BI dalam rangka untuk penguatan UMKM ini, kita memiliki program Wirausaha Unggulan Bank Indonesia atau WUBI, ini merupakan proses peningkatan atau pelatihan dalam rangka meningkatkan kapasitas UMKM," kata Iwan dalam siaran RRI Mataram, Senin (1/3).

Tidak bisa dipungkiri, daya serap tenaga kerja dan bagaimana kemampuan produksi lokal UMKM, mendukung ekonomi daerah. "Dan itu menjadi sangat concern oleh BI," ujarnya.

Adapun peran BI untuk mendukung UMKM yakni pengendalian dan pelatihan UMKM mencakup seluruh aspek, ada di bidang keuangan, legalitas, pemasaran. Sehingga nanti diharapkan UMKM yang dilatih tersebut bisa sukses.

"Yang sukses ini berarti UMKM yang telah mampu memproduksi barang yang dikenal dan mereka setelah sukses mereka butuh perluasan akses pasar. Disitulah BI mengenalkan bagaimana memasarkan produk-produknya," jelasnya.

BI juga berupaya untuk memperkuat kapasitas UMKM dengan cara menghubungkannya dengan akses pembiayaan. Begitu mereka beranjak menjadi suatu UMKM yang lebih mapan, selanjutnya BI mendorong mereka go digital.

"Setelah go digital kita berikan edukasi onboarding bagaimana masuk ke lapak-lapak e-commerce. Kalau mereka sudah memiliki akses pasar dan standarisasi sudah bagus, kita dorong untuk go ekspor," pungkasnya.

Baca Selanjutnya: Selanjutnya...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini