Per Oktober, lifting minyak sudah lampaui target APBN-P 2016

Kamis, 27 Oktober 2016 15:26 Reporter : Hana Adi Perdana
Per Oktober, lifting minyak sudah lampaui target APBN-P 2016 Ilustrasi Explorasi Minyak. http://kusnun-wahyu.blogspot.com

Merdeka.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, per Oktober, realisasi lifting minyak bumi di Indonesia sebesar 825.000 barel per hari (bph). Angka ini melebihi target dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016 sebesar 820.000 ‎bph.

Menteri ESDM, Ignasius Jonan mengatakan, capaian ini mengalami peningkatan yang cukup baik dibanding pada semester I 2016 yang hanya sebesar 817.000 bph. Menteri Jonan menegaskan pencapaian tersebut tak lepas dari kinerja blok Cepu yang semakin baik.

"Capaiannya baik, sehingga ini mempengaruhi lifting minyak kita bisa meningkat," ujarnya di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (27/10).

Berbeda dengan minyak, lifting gas justru‎ mengalami penurunan signifikan. Tercatat, per Agustus, lifting gas bumi Indonesia hanya mencapai sebesar 919.000 barel setara minyak per hari (bsmph). Jumlah ini jauh di bawah target sebesar 1,11 juta bsmph.

Pencapaian tersebut mengalami penurunan dibanding capaian pada semester I 2016 sebesar 1,17 juta bsmph. Menteri Jonan menambahkan penurunan tersebut tak lepas dari peran Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang menahan laju eksplorasi.

"Belum lagi masih banyak lapangan-lapangan tua yang perlu direvitalisasi," tandasnya. [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini