Per Hari Ini, Realisasi Pencairan THR untuk PNS Capai Rp13,7 Triliun

Senin, 3 Mei 2021 15:48 Reporter : Dwi Aditya Putra
Per Hari Ini, Realisasi Pencairan THR untuk PNS Capai Rp13,7 Triliun Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan melaporkan realisasi pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) untuk ASN, TNI dan Polri sudah mencapai Rp13,7 triliun per hari ini atau pukul 09.00 WIB.

"Realisasi pembayaran THR untuk ASN, TNI, dan Polri berjalan lancar sampai dengan pagi ini pukul 09.00 WIB adalah sebesar Rp13,7 triliun," kata Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu, Hadiyanto saat dihubungi merdeka.com, Senin (3/5).

Dia mengatakan, jumlah tersebut terdiri dari realisasi sebesar Rp4,96 miliar kepada 69 Kementerian atau Lembaga (KL) dari total 87 KL. Adapun KL yang sudah mulai mengajukan permintaan pembayaran dan THR dan sudah pencairan, dintaranya Kemendikbud Ristek, Kemenkes, Kemenag, MPR, DPR, Kementerian PUPR, ESDM, Polri, Kemenhan dan lainnya.

Sementara untuk THR kepada pensiunan, sudah disalurkan semua sebesar Rp8,74 milist ke PT Taspen dan Asabri dan sudah disalurkan kepada penerima pensiun.

Sebelumnya, Pemerintah Jokowi-Ma'ruf memastikan pembayaran THR (Tunjangan Hari Raya) untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, Polri dan pensiunan akan dimulai H-10 hingga H-5 Idul Fitri 2021. Sama seperti tahun lalu, THR PNS ini hanya meliputi gaji pokok dan tunjangan melekat, tanpa tunjangan kinerja.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, THR yang disiapkan di dalam APBN tahun ini jumlahnya mencapai sebesar Rp30,8 triliun. Jumlah ini terdiri untuk Kementerian dan Lembaga ASN, TNI, Polri, sebesar Rp7 triliun, untuk ASN daerah atau PNS daerah dan PPPK dialokasikan sebesar Rp14,8 triliun, dan untuk para pensiunan dialokasikan sebesar Rp9 triliun.

"Arahan bapak presiden terus mendukung pemulihan ekonomi, penanganan Covid-19, dan tetap memberikan hak ASN, TNI, Polri untuk THR meskipun tidak dalam meliputi tunjangan kinerjanya, hanya gaji pokok dan tunjangan melekat," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers pada Kamis (29/4). [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini