Per Bulan Petani Karet Sumbar Raih Penghasilan Rp2 Miliar

Jumat, 25 Januari 2008 11:59 Sumber :
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Ribuan petani karet di Sumbar kini memperoleh penghasilan Rp2 miliar/hari dari hasil penjualannya ke enam unit pabrik penampung di daerah kabupaten/kota Sumbar itu.

"Petani karet di Sumbar kini memperoleh penghasilan maksimal mencapai Rp2 miliar/hari dari penjualan ke enam unit pabrik penampungnya," kata Gubernur Sumbar, Gamawan Fauzi, di Padang, Jumat.

Pabrik karet di Sumbar itu umumnya terdapat di Kota Padang. Menurut dia, petani karet di Sumbar kini cukup sejahtera karena terus membaiknya harga komoditi unggulan ekspor ini di pasaran dunia dan permintaan yang terus meningkat.

"Dari pantauan dinas terkait petani karet di sejumlah sentra itu cukup baik kesejahteraannya karena mulai komoditi itu diusahakan serius," katanya.

Selain itu, peningkatan kesejahteraan itu juga terlihat dari membaiknya kondisi ekonomi dan kehidupan petani karet itu, seperti rumah yang mulai bagus, serta naiknya tingkat pembelian kendaraan bermotor hingga 25 persen.

Luas areal kebun karet rakyat di Sumbar, data dinas perkebunan setempat, hampir 150 ribu hektar dengan produksi sebesar 62 ribu ton karet kering.

Kebun karet tersebut diusahakan sekitar 80 ribu kepala keluarga dengan sentra utama Kabupaten Dharmasraya, Sawahlunto Sijunjung, Pasaman, Limapuluh Kota dan Solok Selatan. Industri karet di Kota Padang, selain menerima pasokan bokar dari sentra kebun rakyat di Sumbar, juga asal Provinsi Riau, Jambi melalui pedagang pengumpul.

Selain dipasok untuk pabrik di Kota Padang, juga dieskpor melalui pelabuhan Teluk Bayur Padang dengan negara tujuan utama Amerika Serikat, disusul ke China, Kanada dan Meksiko. (kpl/rit)

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.