Per 2016, baru 911 dari 5.315 pegiat seni Indonesia patuh pajak

Kamis, 14 September 2017 10:29 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Amnesti Pajak. ©2017 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi mengungkapkan, di 2016, penerimaan pajak dari pekerja seni baik aktris, aktor maupun penyanyi hanya sebesar Rp 383 miliar. Selama 2016, kata Ken, dari 5.315 pegiat seni, hanya 911 yang melapor dan menyetor pajak.

"Pendapatan dari pekerja seni selama 2016 sekitar Rp 383 miliar," sebut Ken, di Kantornya, Jakarta, Rabu (13/9).

Dia menilai tingkat kepatuhan pekerja seni belum begitu baik terkait pelaporan pajak. "Tapi semakin lama semakin membaik. Dulu di 2013 dari 5.500 pekerja seni, hanya 668 di antaranya yang melapor dan menyetor pajak," terang Ken.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Pajak menggelar dialog perpajakan bagi penulis dan pekerja seni di Gedung Marie Muhammad Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta.

Dialog ini digelar terkait keluhan penulis Tere Liye yang memutuskan untuk menarik hak cipta bukunya, akibat beban pajak yang ditanggung terlalu tinggi.

Dalam sambutannya, Dirjen Pajak Ken Dwijugiestiadi mengatakan pada prinsipnya komunikasi adalah solusi. Namun demikian atas nama Ditjen Pajak, Ken meminta maaf kepada para wajib pajak apabila dalam menjalankan tugas masih ada ketidakpuasan.

"Memuaskan orang itu paling susah loh, tapi jangan khawatir nanti juga dipuaskan. Pertanyaan apapun silakan nanti Bu menteri akan menjelaskan apalagi penulis," kata Ken.

[bim]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.