Penyerapan Anggaran per 16 Agustus Capai 54,48 Persen

Jumat, 16 Agustus 2019 16:40 Reporter : Merdeka
Penyerapan Anggaran per 16 Agustus Capai 54,48 Persen Andin Hadiyanto Soal Penyerapan Anggaran. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan, realisasi penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020, per 16 Agustus ini sudah mencapai sekitar 54,48 persen. Pencapaian itu telah melampaui perolehan pada periode yang sama di tahun sebelumnya.

"Sampai dengan tadi pagi itu sudah 54,48 persen, atau sebesar Rp 1.291 triliun dari pagu anggaran Rp 2.365 triliun. Ini lebih tinggi dibanding periode sama tahun lalu," terang Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Andin Hadiyanto, di Gedung Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (16/8).

Dia menyebutkan, keberhasilan itu turut terbantu lantaran Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengarahkan untuk melelang berbagai proyek infrastruktur yang bakal dieksekusi tahun ini pada 2018.

"Mekanisme penyerapan negara, Presiden menginstruksikan proyek-proyek tahun ini untuk dilelang di triwulan IV tahun lalu. Dari awal sudah mulai ada transaksi untuk persiapan proyek di tahun sebelumnya, ini yang bagus menurut saya," tuturnya.

Untuk penyerapan hingga akhir tahun, dia masih belum bisa memproyeksikannya. Namun begitu, dia mengutarakan optimisme bahwa pencapaian pada semester II pada umumnya relatif lebih besar dari semester I.

"Pada umumnya di semester II lebih besar dari semester I. Tahun lalu penyerapan anggaran mencapai 99 persen, karena kita koordinasi baik antara Kemenkeu dengan setiap kementerian/lembaga tentang mekanisme pencairan dan sebagainya," tandasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini