Kaleidoskop 2019

Penyelundupan Garuda Indonesia Sampai Kasus Jiwasraya Bikin Heboh Sepanjang 2019

Senin, 23 Desember 2019 06:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Penyelundupan Garuda Indonesia Sampai Kasus Jiwasraya Bikin Heboh Sepanjang 2019 Penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton. ©2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Sepanjang 2019, Indonesia tak luput dari sejumlah kejadian yang menyita perhatian masyarakat luas. Salah satunya di bidang ekonomi. Kabar heboh dalam kaleidoskop 2019 kali ini tak hanya bersifat baik, namun banyak juga yang buruk.

Salah satu kabar baik yang membuat heboh tahun ini ialah dari proses penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Di mana, pemerintah akan menurunkan batas nilai kelulusan atau passing grade peserta tes CPNS.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo, menjelaskan penurunan tersebut lantaran tahun kemarin passing grade dinilai terlalu tinggi sehingga banyak peserta yang tidak lulus di Kabupaten/Kota.

Nilai ambang batas untuk formasi umum pada ketiga tahap seleksi itu ditetapkan, yakni 126 untuk TKP, 80 untuk TIU, dan 65 untuk TWK. Dengan begitu, nilai kumulatif SKD CPNS 2019 berjumlah 271.

Sebelumnya, nilai ambang batas SKD CPNS 2018, yakni 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Nah, itu salah satu kabar baik yang membuat heboh Indonesia tahun ini. Di samping itu, terdapat juga sejumlah kasus yang menyita perhatian masyarakat sepanjang 2019. Berikut merdeka.com akan merangkumnya dalam tulisan kaleidoskop 2019 berikut.

Baca Selanjutnya: 1 Garuda Indonesia Sudah Jatuh...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini