Penyaluran Subsidi Tak Lagi Lewat BUMN, tapi Diberi Langsung ke Rakyat

Jumat, 3 April 2020 14:49 Reporter : Anggun P. Situmorang
Penyaluran Subsidi Tak Lagi Lewat BUMN, tapi Diberi Langsung ke Rakyat Erick Thohir. ©2019 Instagram Erick Thohir

Merdeka.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menginginkan perusahaan milik negara tak lagi mengurusi subsidi. Subsidi nantinya akan langsung diberikan kepada rakyat.

"Policy ke depan kita ingin perusahaan-perusahaan BUMN sudah tidak terima subsidi, subsidinya biar langsung ke rakyat," ujar Erick di Jakarta, Jumat (3/4).

Erick menegaskan bahwa ke depan BUMN hanya fokus mengurusi bisnisnya. "Ini bagian transparan juga supaya perusahaan BUMN jadi korporasi yang bener-bener korporasi," paparnya.

Beberapa perusahaan yang sedang dikaji untuk tak lagi mengurus subsidi adalah PLN, Pertamina dan Pupuk. Rencana pengalihan subsidi ini masih dimatangkan bersama kementerian terkait termasuk Kementerian Keuangan.

"Habis ini terus terang yang kita pelajari Pupuk. Kemarin untuk PLN, untuk energi seperti minyak, elpiji kita ada kesepakatan dengan Menteri Keuangan. Tapi biar Menteri Keuangan, itu domain beliau," jelasnya.

Kebijakan baru ini dimungkinkan bisa langsung diterapkan pada awal tahun depan. "Mungkin awal tahun depan, atau akhir tahun ini atau pertengahan tahun silakan tapi policy-nya seperti itu," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Hilangkan Manipulasi Laporan Keuangan

laporan keuangan rev1

Erick melanjutkan, kebijakan subsidi langsung tersebut juga akan mengubah paradigma pimpinan perusahaan pelat merah maupun kementerian. Langkah tersebut, kata dia salah satu cara mengantisipasi kegiatan pemolesan laporan keuangan (window dressing).

"Ini juga bagian mengubah paradigma pimpinan direksi BUMN dan kementerian jangan buku-buku ini menjadi grey area. Yang akhirnya mohon maaf, tadi ada yang namanya window dressing," tandasnya. [idr]

Baca juga:
Pertamina Tambah Impor Minyak Mentah Penuhi Pasokan Saat Wabah Corona
PLN: Tak Semua Pelanggan 900 VA Dapat Diskon Tarif Listrik
Pemberian Token Listrik PLN Gratis Lewat Whatsapp Baru Bisa Senin Esok
Telkom Pangkas 20 Anak dan Cucu Usaha
Proyek Kilang Cilacap, Pertamina Beri Tenggat Waktu Aramco Hingga April 2020

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini