Penyaluran Subsidi Elpiji Tertutup akan Diterapkan Pertengahan 2020

Selasa, 14 Januari 2020 13:25 Reporter : Merdeka
Penyaluran Subsidi Elpiji Tertutup akan Diterapkan Pertengahan 2020 elpiji 3 kg. ©2014 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menerapkan penyaluran subsidi Liquified Petroleum Gas (LPG)/elpiji 3 Kg secara tertutup pada pertengahan tahun ini. Dengan demikian, hanya orang miskin saja yang hanya mendapat subsidi, sehingga masyarakat mampu tidak lagi bisa bebas mendapat subsidi.

"Penyaluran elpiji 3 kg tertutup hanya orang yang berhak. Mudah-mudahan tahun ini bisa kita terapkan, bisa kita implementasikan," kata Pelaksana tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto, di Kantor Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (14/1).

Djoko mengungkapkan, uji coba telah penyaluran Elpiji telah dilakukan, kemudian akan diputuskan mekanisme penyaluran subsidi Elpiji tertutup oleh pemerintah, salah satunya dengan menggunakan aplikasi scan barcode.

Nantinya, masyarakat yang berhak mendapat subsidi harus menunjukkan barcode saat mengisi tabung. Dalam barcode tersebut terisi identitas dan data penggunaan.

"Kita melakukan persiapan metodenya, mudah-mudahan pertengahan tahun bisa dilakukan, uji coba sudah dilakukan tapi materinya beda-beda. Pertamina ada barcode, misal satu orang 3 tabung sebulan nanti. Dari barcode nanti bisa diketahui apakah layak menerima atau tidak, nanti dari bank mentransfer subsidinya," tandasnya.

1 dari 1 halaman

Pakai Kartu

Djoko mengatakan dalam pelaksanaan penyaluran subsidi secara tertutup terjadi perubahan mekanisme. Sehingga subsidi tidak dimasukan langsung ke dalam harga elpiji 3 Kilogram (Kg) seperti saat ini, tetapi diberikan langsung ke masyarakat yang berhak mendapatkan.

"Yang penting masyarakat (tetap) dapat uang subsidi," kata Djoko, di Jakarta, Jumat (21/6/2019).

Djoko melanjutkan, subsidi yang diberikan ke masyarakat berupa uang elektronik yang dimasukan ke dalam kartu. Kartu tersebut akan diisi saldo dengan besaran nominal yang telah ditentukan. Rencananya, penerapan perubahan mekanisme penyaluran subsidi ini akan dilakukan pada tahun depan.

"Subsidi tertutup kan itu. Pakai kartu kan. Insyaallah (diterapkan tahun depan)," tuturnya.

Menurutnya, penerapan penyaluran subsidi tertutup diterapkan secara bertahap. Hal ini mengikuti metode penerapan konversi minyak tanah ke elpiji 3 Kg. "Kota ya, kan jabodetabek. Waktu itu, kan LPG kan juga bertahap kan. Pakai metode itu aja," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Terdampak Banjir, 14 SPBU Pertamina di Jabodetabek Tutup
Menteri ESDM Pastikan Pasokan BBM dan LPG Natal dan Tahun Baru Aman
ESDM Targetkan Bangun 266.070 Sambungan Gas ke Rusunawa
Amankan Penjual Elpiji Tanpa Izin, Polisi Sita 600 Tabung Gas 3 Kg
Kenalkan Produk, Bright Gas Gelar Event Femalyfe Pink Ladies Golf Gathering
Warga Palangka Raya Teriak Harga Elpiji 3 Kg Tembus Rp38.000 per Tabung

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini