Penumpang Kereta Api Jarak Jauh Naik Dua Kali Lipat Jelang Libur Panjang

Jumat, 13 Mei 2022 14:15 Reporter : Merdeka
Penumpang Kereta Api Jarak Jauh Naik Dua Kali Lipat Jelang Libur Panjang Penumpang Kereta Api. istimewa ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Volume keberangkatan pengguna jasa Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari area Daop 1 Jakarta kembali mengalami kenaikan jelang libur nasional yang jatuh pada hari Senin (16/5). Peningkatan hampir dua kali lipat jika dibandingkan kemarin pada Kamis 12 Mei 2022.

Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, mengatakan, pada hari ini, Jumat 13 Mei 2022 secara total terdapat 31.200 pengguna KAJJ yang berangkat.

Dari jumlah tersebut sekitar 13.000 pengguna berangkat dari Stasiun Gambir atau 76 persen dari total tempat duduk yang tersedia dengan layanan 35 KA yang beroperasi. Serta 15.500 pengguna berangkat dari Stasiun Pasar Senen atau 72 persen dari total tempat duduk yang tersedia dengan layanan 29 KA yang beroperasi.

Sedangkan lainnya merupakan pengguna yang berangkat dari Stasiun Bekasi, Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Adapun relasi yang banyak dipilih pengguna di antaranya tujuan Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Solo, Kutoarjo, Kebumen, Semarang, Tegal, Malang, Cirebon, dan Bandung.

"Daop 1 Jakarta kembali mengingatkan pengguna jasa KAJJ yang akan berangkat agar memperhatikan kembali persayaratan perjalanan KA untuk menghindari resiko batal berangkat karena tidak memenuhi persyaratan," kata Eva dalam keterangannya, Jumat (13/5).

2 dari 3 halaman

Persyaratan Naik Kereta Api Jarak Jauh

Adapun persyaratan lengkap perjalanan dengan KA yang berlaku sesuai dengan SE Kemenhub No 49 Tahun 2022:

1. Vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19

2. Vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam

3. Vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam

4. Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam

5. Pelanggan berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen.

6. Pelanggan berusia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan

Bagi calon penumpang yang baru akan memesan tiket dapat melakukan pengecekan ketersediaan jadwal dan bertransaksi melalui aplikasi KAI Access.

3 dari 3 halaman

Informasi Kedatangan

Sementara untuk kedatangan penumpang dari daerah lain tujuan Daop 1 Jakarta saat ini masih cukup tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata volume kedatangan di masa pandemi. Secara total, untuk hari ini terdapat sekitar 31 ribu pengguna yang akan turun di Area Daop 1 Jakarta. 

Dari jumlah tersebut sebanyak 13.000 penumpang turun di Stasiun Gambir, 15.300 di Pasar Senen, 1.600 di Bekasi dan sisanya merupakan penumpang turun di Stasiun lain seperti Jakarta Kota, Jatinegara, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Volume penumpang datang tertinggi terjadi pada 5 hingga 9 Mei di mana pada kurun tanggal tersebut rata-rata per hari terdapat sekitar 40 ribu penumpang yang datang di area Daop 1 Jakarta. 

Daop 1 Jakarta memastikan seluruh penumpang yang turun telah memenuhi persyaratan perjalanan karena telah dilakukan pemeriksaan di stasiun awal keberangkatan. 

Penumpang datang juga diimbau agar tidak perlu terburu-buru saat turun dari kereta, pastikan seluruh barang bawaan yang ada di area tempat duduk dan rak bagasi tidak tertinggal. 

 

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Operasikan LRT Jabodebek, KAI Rekrut 572 Karyawan Baru
Jadi Penumpang Gelap, Pria Ini Diam-diam Naiki Lokomotif Kereta
H+7 Lebaran, Pengguna Kereta Api Capai 96.272 Orang
Tips Bebas Barang Tertinggal Saat Bepergian dengan Kereta Api
KAI-INKA Resmi Kerja Sama, Indonesia Tak Lagi Impor KRL Mulai 2024
Tinjau Stasiun Semarang Poncol, Ganjar: Arus Balik Aman dan Lancar
KAI: Arus Penumpang Menuju Jabar, Jateng dan Jatim Masih Tinggi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini