Penjualan Jersey Ronaldo Cetak Rekor, Segini yang Bakal Dikantongi Manchester United

Selasa, 7 September 2021 08:00 Reporter : Merdeka
Penjualan Jersey Ronaldo Cetak Rekor, Segini yang Bakal Dikantongi Manchester United Cristiano Ronaldo gabung Manchester United. ©PAUL ELLIS/AFP

Merdeka.com - Cristiano Ronaldo yang mudik ke Manchester United disambut meriah penggemar setan merah. Alhasil, penjualan jersey dengan nomor punggung 7 milik Ronaldo berhasil memecahkan rekor Liga Premier.

Menurut situs penjualan online LovetheSales.com, Senin (6/9), hanya dalam waktu 12 jam setelah dirilis total penjualan jersey mencapai GBP 32,5 juta (Rp 640,9 miliar). Diketahui penjualan jersey dilakukan lebih dari 1.000 pengecer online di UK.

Melansir dari FOX Sports, jersey United dengan nomor punggung Ronaldo dijual dengan harga GBP 80 (Rp 1,5 juta) hingga GBP 110 (Rp 2,1 juta). Jersey tersebut diperkirakan terjual sebanyak 295.500 hingga 406.250 pada periode ini.

Bahkan, United dan Adidas sudah berusaha untuk memenuhi permintaan penggemar. Situs resmi klub mengatakan semua jersey tidak akan dikirimkan hingga 1 Oktober mendatang.

2 dari 2 halaman

Uang yang Diterima MU

diterima mu rev1

Meskipun ratusan miliar berhasil dikantongi dari hasil penjualan jersey, klub hanya akan mendapatkan sebagian kecil dari hasil penjualan tersebut.

Manchester United telah menandatangani kontrak dengan Adidas senilai GBP 750 juta (Rp 14,8 triliun) pada 2014. Kontrak tersebut sekaligus menjadi kesepakatan kit terbesar dalam sejarah sepak bola.

Umumnya, klub besar yang telah menjalin kesepakatan dengan produsen hanya akan mendapatkan maksimal 10 persen dari hasil penjualan kit.

"Sangat tidak mungkin bahwa potongan yang diberikan kepada klub akan pernah di atas 10 persen," ujar Dosen Senior Keuangan Olahraga Universitas Sheffield Hallam, Dan Plumley.

Plumley memperkirakan bahwa angka sebenarnya yang akan dikantongi United adalah maksimal GBP 5 (Rp 98 ribu) per jersey.

Perkiraan terbaik United akan mendapatkan sekitar 6,25 persen dari harga jual. Sementara itu, perkiraan terburuknya hanya sekitar 4,5 persen.

Dengan demikian, United akan memperoleh maksimal sekitar GBP 1,8 juta (Rp 35,5 miliar). Fakta tersebut menunjukkan hasil penjualan belum bisa menutupi biaya kepindahan Ronaldo ke United sebesar GBP 12,85 juta (Rp 253,4 miliar).

Namun, bergabungnya Ronaldo mampu membuat nilai United semakin besar sehingga menghasilkan kesepakatan dengan berbagai sponsor.

Penjualan jersey hanya menjadi bagian kecil dari pendapatan United yang tahun lalu mencapai GBP 509 juta (Rp 10 triliun).

Reporter: Shania
Sumber: Liputan6 [bim]

Baca juga:
Cristiano Ronaldo Datang, Edinson Cavani Masih Gunakan Nomor Punggung 7 Saat Manchester United Hadap
Prediksi Liga Inggris Wolverhampton Wanderers Vs Manchester United: Cristiano Ronaldo Bakal Debut?
Cristiano Ronaldo Berpenghasilan Rp 14,3 T, Terbesar Ketiga Dunia
Cristiano Ronaldo Kembali ke Manchester United
Aksi Ronaldo Geser Botol Soda Viral, Coca Cola Rugi Rp57 Triliun

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini