Penjelasan Lengkap Kontraktor soal Air Terjun Dadakan Luapan Tol Becakayu

Jumat, 22 November 2019 11:32 Reporter : Idris Rusadi Putra
Penjelasan Lengkap Kontraktor soal Air Terjun Dadakan Luapan Tol Becakayu tol becakayu banjir. ©2019 Merdeka.com/Adi Nugroho.

Merdeka.com - Air terjun dadakan membuat heboh pengguna jalan di Kalimalang, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Kamis (21/11). Air terjun tersebut merupakan luapan air dari konstruksi Jalan Tol Becakayu yang banjir akibat guyuran hujan deras sekitar satu jam di wilayah setempat.

Direktur Teknik & Operasi PT Kresna Kusuma Dyandra Marga, Ayuda Prihantoro sebagai kontraktor pembangunan menjelaskan, penyebab terjadinya curahan air tersebut karena adanya pengerjaan pipa drainage dan parapet menuju saluran bawah yang belum selesai. Sesuai dengan schedule penyelesaiannya adalah hari ini 22 November 2019.

Pada lokasi badan jalan yang terkena dampak curahan air tersebut mengalami banjir sepanjang kurang lebih 50 meter, karena saluran air pada badan jalan tersebut tidak sanggup menampung debit air akibat curahan hujan.

"Sesuai pantauan di lapangan kebetulan pada lokasi tersebut sedang ada galian untuk kabel telkom sehingga menambah disfungsi saluran," jelas Ayuda dikutip keterangannya.

Dia mengatakan, penanganan yang sudah di lakukan adalah dengan pembersihan dan mengerahkan pompa di lokasi kejadian. Selain itu, PT Kresna Kusuma Dyandra Marga selaku pemilik konsesi akan melakukan pelebaran drainage existing dan akan segera dieksekusi berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk mencegah terulangnya genangan.

"Seksi 2A Ruas Tol Becakayu tersebut sedang dalam proses konstruksi dan ditargetkan selesai konstruksi pada bulan Mei 2020 dan beroperasi pada bulan Juni 2020."

Atas kejadian ini, PT Kresna Kusuma Dyandra Marga akan berupaya maksimal agar kejadian ini tidak terulang kembali. "Kami meminta maaf kepada para pengguna jalan yang terganggu kenyamanan perjalanannya di sekitar lokasi kejadian."

1 dari 2 halaman

Kronologi Munculnya Air Terjun Dadakan

Air terjun dadakan membuat heboh pengguna jalan di Kalimalang, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Kamis (21/11).

"Hujannya cukup deras, tiba-tiba air dari atas jalan tol Becakayu mengalir deras di Jalan Kalimalang," kata seorang karyawan toko persis di depan 'air terjun' itu, Kurniawan ketika dikonfirmasi pada Kamis (21/11) petang.

Spontan 'air terjun' dadakan ini mencuri perhatian pengguna jalan maupun penjaga toko di pinggiran Kalimalang. Tak sedikit dari mereka mengabadikan momen tersebut menggunakan telepon genggamnya. Mereka menyebut itu adalah air terjun Niagara di Bekasi.

"Belum tau kenapa bisa mengalir," ucap Kurniawan.

Berdasarkan pantauan, air mengalir deras melalui pinggiran kontruksi yang belum dipasang pembatas jalan. Air mengalir deras memanjang hingga 50 meter, mirip dengan air terjun Niagara di Amerika Serikat. Video ini pun mulai viral di media sosial.

Sementara itu, kondisi Jalan Raya Kalimalang sendiri banjir. Selain disebabkan air tumpahan dari atas kontruksi Jalan Tol Becakayu yang sedang dibangun, luapan air juga diduga berasal dari saluran di bawah.

2 dari 2 halaman

Kolong Tol Penuh Air

Tak jauh dari "air terjun" dadakan ini, kolong Tol JORR Kalimalang kembali banjir. Pemerintah daerah setempat menyebut tengah mengatasi banjir tersebut dengan melebarkan saluran air di bawah tanah.

"Saluran yang ada tidak sebanding dengan volume air yang datang," kata Kabid Sumber Daya Air, Kota Bekasi, Yudianto. [idr]

Baca juga:
Tol Ditarget Selesai Desember 2019, Sidoarjo - Gresik Bisa Ditempuh 38 Menit
Daftar 4 Ruas Tol yang Pemerintah Tawarkan ke Swasta, Termasuk Proyek Yogya-Solo
Tarif Tol Jagorawi Akan Naik
Kemenhub Ingin Tak Ada Perbedaan Tarif Tol Layang Jakarta-Cikampek
Tol Yogyakarta-Solo Telan Biaya Rp25 T, Target Mulai Dibangun 2021

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini