Peningkatan Mobilitas Masyarakat Saat Mudik Dorong Pemulihan Ekonomi

Jumat, 20 Mei 2022 13:25 Reporter : Anisyah Al Faqir
Peningkatan Mobilitas Masyarakat Saat Mudik Dorong Pemulihan Ekonomi Arus Mudik Lebaran 2022 di Terminal Kampung Rambutan. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pencabutan larangan mudik lebaran yang dilakukan pemerintah telah mempertimbangkan berbagai aspek. Misalnya pengendalian penyebaran virus corona hingga program vaksinasi Covid-19 untuk booster kedua telah mencapai 61,5 persen.

"Bahkan ada vaksin booster dan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (20/5).

Alhasil, mobilitas masyarakat yang tinggi tersebut telah mendorong tren pemulihan ekonomi nasional. Menurutnya hal ini tidaklah mudah karena secara global banyak negara yang masih harus bergulat dengan menangani virus Covid-19.

"Saat ini banyak negara yang bergulat dengan covid, negara yang berjuang, bahkan ada negara yang menghadapi krisis ekonomi dan keuangan yang begitu kompleks. Maka nikmat mana yang kita dustakan," ungkapnya.

Dia menambahkan, pemulihan ekonomi yang kuat dan kasus yang terkendali dengan baik ini merupakan kerja sama dari berbagai pihak. Ini merupakan hasil kerja keras dari berbagai upaya luar biasa dari Pemerintah dan DPR hingga berbagai unsur masyarakat, akademisi dan para ahli serta dunia usaha.

Dia mencatat, pada musim mudik lebaran tahun 2022 sebanyak 84 juta masyarakat melakukan perjalanan ke kampung halaman. Selama musim lebaran tersebut mobilitas masyarakat sudah semakin masih di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

"Alhamdulillah, tahun ini lebih dari 84 juta masyarakat dapat kembali menjalankan mudik di Hari Raya Idul Fitri untuk berlebaran dan berkumpul dengan sanak-saudara tercinta," tandasnya. [azz]

Baca juga:
Sri Mulyani Akui Tingkat Konsumsi Rumah Tangga Masih Rendah
Menkop Teten Sebut Produk Oleh-Oleh Jadi Kekuatan Ekonomi Daerah
Aturan Baru, Kapasitas Penumpang KRL Naik Menjadi 80 Persen
Pelonggaran Penggunaan Masker Dorong Pemulihan Sektor Pariwisata
Sandiaga Gagas Creative Hub untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif di Sragen
Satgas Covid-19 soal Izin Lepas Masker: Momentum Pemulihan Ekonomi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini