Pengusaha Restoran Diminta Perhatikan Ventilasi Udara dan Tidak Nyalakan Musik

Minggu, 19 Juli 2020 20:00 Reporter : Anisyah Al Faqir
Pengusaha Restoran Diminta Perhatikan Ventilasi Udara dan Tidak Nyalakan Musik Ilustrasi restoran. ©2012 Shutterstock/Csaba Vanyi

Merdeka.com - Pelaku usaha restoran disarankan mulai memikirkan desain tempat usahanya. Sebab, penyebaran virus corona ditenggarai lebih rentan di ruangan tertutup. Maka, disarankan para pengusaha mulai memikirkan sirkulasi udara di rumah makan mereka.

"Pemilik restoran juga harus mulai memikirkan ventilasi di dalam ruangan kalau bisa diperbanyak jendela yang dibuka," kata Dokter Millenial, Muhammad Fajri Adda'i dalam Talk Show Info Corona bertajuk 'Restoran Aman Covid-19' di Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu (19/7).

Namun hal ini sulit dilakukan jika restoran atau tempat makan berada di dalam ruangan yang menggunakan mesin pendingin ruangan. Solusi yang bisa diberikan dengan menggunakan air bonfire atau pemberian sinar ultraviolet selama 25 menit.

Hanya saja penyinaran menggunakan ultraviolet ini harus dilakukan ketika tidak ada orang di dalam ruangan.

"Hati-hati dalam menggunakan sinar ultraviolet, ini tidak boleh sampai kena kulit dan dilakukan saat tidak ada orang," kata Fajri.

Fajri lebih menyarankan pengusaha restoran untuk mendesain tempat usahanya di ruangan terbuka. Sehingga meminimalisir resiko penyebaran virus corona meski telah menerapkan protokol kesehatan di rumah makan.

Baca Selanjutnya: Restoran Disarankan Tidak Nyalakan Musik...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Corona Di Indonesia
  3. Restoran
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini