Pengusaha minta induk BUMN gandeng swasta dalam pembangunan

Kamis, 24 November 2016 14:54 Reporter : Novita Intan Sari
Pengusaha minta induk BUMN gandeng swasta dalam pembangunan gedung BUMN. wordpress.com

Merdeka.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai rencana penggabungan atau holding BUMN dapat mematikan sektor swasta. Pemerintah diminta memberi kepastian agar bisa menggandeng swasta dalam proses pembangunan.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang badan Usaha Milik Negara (BUMN), Adisatrya Sulisto, mengatakan BUMN dan swasta bisa bekerja sama mengembangkan dunia usaha. Salah satu bukti ialah kesuksesan program pengampunan pajak atau Tax Amnesty periode I, di mana sumbangan pengusaha dapat mendorong pembangunan dalam negeri.

"Tidak sedikit pihak swasta yang khawatir dengan impact dari holdingisasi ini. Maka, kita berharap dengan adanya konsolidasi ke depan, sinergi BUMN dan swasta bisa lebih ditingkatkan. Banyak swasta yang mumpuni untuk mendukung pemerintah dalam membangun ekonomi nasional," jelas dia di Jakarta, Kamis (24/11).

Selain itu, dengan langkah sinergi antar perusahaan dapat menjadi jawaban dalam menghadapi persaingan ekonomi global. "Peluang kerja sama sebenarnya besar, seperti pembangunan infrastruktur nasional dan juga implementasi bisnis berkelanjutan," ujarnya.

Sementara pada kesempatan sama, Ketua Komisi V DPR Teguh Juwarno mengakui peran BUMN berkontribusi besar terhadap pemasukan APBN namun perusahaan plat merah tidak dapat mengerjakan sendiri dalam meningkatkan dunia usaha.

"Teman-teman BUMN juga menyadari, tugas mereka adalah bukan menyelesaikan semuanya sendiri, tentu mereka juga ingin ajak swasta. Jadi BUMN dan swasta memang harus bekerja sama," ungkapnya. [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini