Pengusaha: Indonesia pasar empuk tumbuhnya bisnis waralaba

Jumat, 8 September 2017 13:34 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Pengusaha: Indonesia pasar empuk tumbuhnya bisnis waralaba Waralaba Alfamart. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan lndustri (Kadin) lndonesia Bidang Perdagangan, Benny Soetrisno mengatakan, Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial bagi bertumbuhnya bisnis waralaba. Sebab, jumlah penduduk di Tanah Air cukup besar bila dibandingkan dengan negara tetangga.

"Ekonomi Indonesia cukup besar, dengan demografi yang 250 juta orang tentu merupakan pasar besar," ungkapnya dalam 'Indonesia's Biggest Business Expo 2017', di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (8/9).

Selain itu, kebiasaan orang Indonesia yang suka belanja juga menjadi potensi besar tumbuhnya bisnis waralaba. "Indonesia adalah pasar yang sangat empuk. Orang Indonesia itu suka beli. Kalau enggak beli malu. Kalau nawar sungkan," kata dia.

Dalam pandangannya, pertumbuhan bisnis waralaba dalam negeri akan memberi dampak positif pada pertumbuhan ekonomi dan mencetak entrepeneur atau pengusaha baru. Selanjutnya, hal ini akan menciptakan lapangan pekerjaan.

"Bisnis waralaba adalah semacam fast track menumbuhkan entrepreneur semakin banyak," ujarnya.

Karena itulah, industri waralaba dalam negeri harus terus didukung dan diperkuat. "Kalau punya keluarga yang mau berbisnis harus didukung. Kalau kita bisa dorong terus tentu sangat mendukung pertumbuhan ekonomi," pungkasnya. [idr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini