Pengusaha Girang Tol Trans Sumatera Turunkan Biaya Logistik

Rabu, 25 November 2020 16:17 Reporter : Sulaeman
Pengusaha Girang Tol Trans Sumatera Turunkan Biaya Logistik Pembatasan operasional truk di Tol Lingkar Luar. ©2018 Liputan6.com/Immanuel Antonius

Merdeka.com - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), Gemilang Tarigan, mengaku girang atas operasional Tol Trans Sumatera. Hal ini tak lepas imbas turunnya biaya angkut logistik.

"Kami dari asosiasi pengusaha angkutan barang menyambut baik beroperasinya Tol Trans Sumatera karena ini sudah dinantikan sekian lama. Ini karena salah satu efek positif ialah turunnya biaya logistik," tuturnya dalam webinar Jalan Tol Trans Sumatera Membawa Peradaban dan Perilaku Baru, Rabu (25/11).

Dia mengatakan, turunnya biaya logistik tak lepas dari terpangkasnya jarak dan waktu tempuh jika melewati Tol Trans Sumatera. Seperti di sektor Tol Pekanbaru-Dumai yang sekarang bisa dilalui truk bermuatan dengan jarak tempuh hanya 5 jam.

"Padahal, seksi Tol Pekanbaru - Dumai itu untuk trayek truk itu 12 jam. Tapi setelah ada tol cuma 5 jam untuk truk berisi, kalau truk kosong bisa 3 jam. Jadi, ini singkat," jelasnya.

Selain itu, turunnya ongkos logistik juga diakibatkan oleh terpangkasnya biaya perawatan bagi truk. Mengingat medan tol yang lebih mulus dibandingkan melewati jalur arteri.

"Kini kita terhindar dari jalan curam, naik-turun, dan lewat tikungan tajam, itu risiko biaya perawatan besar. Sehingga kini bisa menikmati jalan darat yang mulus dan kecepatan lebih tinggi," tutupnya.

Baca Selanjutnya: Pengusaha Nilai Kehadiran Tol Trans...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini