Pengembangan dermaga Tanjung Priok habiskan USD 4 M

Selasa, 26 Juni 2012 16:51 Reporter : Pandasurya Wijaya
Pengembangan dermaga Tanjung Priok habiskan USD 4 M Bongkar Muat Peti Kemas. merdeka.com/Merdeka.com

Merdeka.com - PT Pelindo II segera membangun sejumlah proyek infrastruktur dermaga di pelabuhan Tanjung Priok Baru. Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja pelabuhan sekaligus sebagai upaya meningkatkan alur distribusi barang pada sistem logistik nasional dari sektor infrastruktur pelabuhan. [oer]

"Proyek senilai USD 4 miliar ini diusulkan sejak 2010 dan pada Juli 2012 nanti kita akan mulai membangun," kata Presiden Direktur PT Pelindo II R.J Lino di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (26/6).

Pada tahap pertama, pihaknya akan membangun proyek senilai USD 2,5 miliar. Sedangkan pada tahap kedua yakni 2018 mendatang, pembangunan sejumlah proyek senilai USD 1,5 miliar.

Terkait dengan kapasitas bongkar muat, Lino menyebutkan, dalam 3 tahun terakhir kapasitas bongkar muat di Tanjung Priok meningkat cukup signifikan. Pada 2009 lalu kapasitas bongkar muat kontainer di Tanjung Priok mencapai 3,8 juta Teu's. Pada 2010 menjadi 4,7 juta Teu's dan 2011 meningkat menjadi 5,7 juta Teu's.

Namun, peningkatan tersebut dinilai belum maksimal. Pertumbuhan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok diyakini bisa lebih besar lagi. "Harusnya pertumbuhan bongkar muat kontainer itu 3 kali dari pertumbuhan ekonomi," ujar Lino.

Topik berita Terkait:
  1. Pelabuhan
  2. Tanjung Priok
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini