Pengelola Wakaf Uang Ibarat Manajer Investasi dan Harus Bersertifikat

Jumat, 5 Maret 2021 18:30 Reporter : Anisyah Al Faqir
Pengelola Wakaf Uang Ibarat Manajer Investasi dan Harus Bersertifikat syariah. shutterstock

Merdeka.com - Ketua Divisi Pemberdayaan Nazhir dan Pengelolaan Badan Pelaksana Badan Wakaf Indonesia, Hendri Tanjung menyebut bahwa nadzir wakaf uang atau pengelola wakaf memiliki peran yang sama dengan manajer investasi di sebuah perusahaan. Sebab, salah satu tugas nadzir yakni memastikan proyek yang didanai wakaf tidak boleh merugi.

"Wakaf yang ini harus dan tidak boleh rugi dan berkurang (pendanaannya)," kata Hendri dalam Peluncuran Layanan wakaf Uang Danamon Syariah secara virtual, Jakarta, Jumat (5/3).

Nadzir harus bisa memitigasi resiko dari proyek yang didanai wakaf uang. Bahkan harus lebih baik dari manajer investasi yang biasanya ada di perbankan.

"Makanya mitigasi risiko harus lebih banyak dari perbankan," kata dia.

Alasannya, Hendri ingin wakaf uang ini tidak hanya dilakukan secara nasional tetapi juga bisa diakses secara internasional. "Artinya kita ingin wakaf uang ini dikelola dengan baik di nasional dan internasional," kata dia.

Untuk itu, para nazir dibekali berbagai ilmu pengetahuan lewat ragam pelatihan. Mereka juga harus bisa menguasai akuntansi berbasis teknologi dan mengikuti perkembangan zaman. Sehingga bisa melahirkan produk-produk yang diminati masyarakat dan memiliki manfaat yang besar.

"Kita kasih pelatihan sampai 6 seri buat wakaf ini agar mereka tahu bagaimana penyusunan akuntansinya, pendekatan teknologi dan biar bisa user friendly (produknya)," kata dia.

Ini dilakukan agar para nadzir di Indonesia bisa profesional. Bahkan pihaknya akan membuat sertifikasi bagi para nadzir demi memastikan kapasitas dan kemampuan para nadzir untuk memberikan jaminan pengelolaan wakaf uang dilakukan secara profesional.

"Kita akan keluarkan sertifikat nazhir profesional, jadi yang kelola uang wakaf ini harus yang punya sertifikat," kata dia mengakhiri. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini