Pengaruh Anjloknya Pariwisata Pada Ekonomi Turut Dialami Seluruh Negara Dunia

Selasa, 28 Juli 2020 17:04 Reporter : Dwi Aditya Putra
Pengaruh Anjloknya Pariwisata Pada Ekonomi Turut Dialami Seluruh Negara Dunia turis di pantai bali. ©2017 AFP PHOTO/SONNY TUMBELAKA

Merdeka.com - Plt Deputi Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Frans Teguh, mengatakan dampak pandemi Covid-19 sangat terasa memukul sektor pariwisata. Hal itu tercermin dari beberapa data seperti perhotelan, biro perjalanan, dan kunjungan wisata yang turun drastis.

"Pada akhirnya memiliki risiko panjang yang sudah dirasakan juga oleh teman-teman di dunia usaha," kata dia dalam diskusi virtual di Jakarta, Selasa (28/7).

Dalam konteks global, World Travel Tourism Council (WTTC) bahkan memberikan gambaran bahwa pertumbuhan pergerakan wisatawan mancanegara atau perjalanan internasional signifikan turun dan mempengaruhi gross domestic product (GDP). Baik dari dunia maupun secara nasional.

"Ini sudah memberikan gambaran dampaknya hampir 60 sampai 80 persen. Sesuai dengan data statistik kunjungan kita sudah anjlok sampai 50 sampai 60 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya," kata dia.

1 dari 1 halaman

Pemerintah Jamin Perlindungan Pekerja Pariwisata

perlindungan pekerja pariwisata

Maka dari itu, kata dia, yang menjadi perhatian pemerintah saat ini adalah memastikan bahwa harus ada upaya perlindungan sosial. Menurutnya perlu skema kerja sama besar dalam mendesain program-program seperti padat karya dan berbagai macam stimulus insentif di sektor pariwisata.

"Kita perlu mempersiapkan memastikan tatanan kenormalan baru tetap membangun kepercayaan meningkatkan pasar harus kita tumbuhkan pasar itu masih sangat diperlukan di dalam konteks mengembalikan bisnis ini supaya kita tidak merosot," kata dia.

[bim]

Baca juga:
Berada di Tengah Hutan, Ini Potret Hotel Unik di Bali jadi Terbaik Sedunia
Unik dan Tersembunyi, Ini Deretan Air Terjun Cantik yang Ada di Sumut
Berendam di Air Panas Sipoholon, Pemandian Belerang yang Instagramable
Hadapi New Normal, Kemenkop UKM Gelar Pelatihan Kewirausahaan Bidang Pariwisata
Mengintip Sejarah Jalan Braga Bandung, Kiblat Wisata Kaum Muda Sejak Zaman Kolonial
Tidak Bawa Surat Sehat, Wisatawan Tak Boleh Kunjungi Objek Wisata di Yogyakarta
Pemerintah Dorong Pengusaha Tangkap Peluang dari Wisatawan yang Hobi Keluar Negeri

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini