Pengakuan Menteri PU tidak rapat di hotel hingga makan singkong

Kamis, 27 November 2014 12:10 Reporter : Saugy Riyandi
Pengakuan Menteri PU tidak rapat di hotel hingga makan singkong basuki hadimuljono. ©pu.go.id

Merdeka.com - Belum lama ini, pemerintah melalui Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi mengeluarkan aturan efisiensi dan efektivitas kerja aparatur negara. Aturan tersebut dalam rangka penghematan anggaran besar-besaran yang dilakukan Presiden Joko Widodo.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono mengklaim pihaknya telah melakukan penghematan sebelum dikeluarkan aturan dari MenPan RB. Namun, PU memang masih melakukan rapat di hotel milik PU sendiri yang berada di Bali.

"Kalau penerapan tidak rapat di hotel. Semua sudah saya disposisikan untuk tidak rapat di hotel. Saya liat kenapa di hotel? Ini dari dulu. Tapi, kita punya hotel di Bali namanya Wedapura. Itu memang fasilitas PU. Raker kita kalau tidak di Jakarta, ya Bali. Kita sudah lakukan itu," ujar dia usai peluncuran produk litbang PU di Kementerian PU, Jakarta, Kamis (27/11).

Selain itu, penerapan makanan tradisional dalam setiap acara yang digelar kementerian PU juga telah dilakukan sejak masa Djoko Kirmanto. Makanan-makanan tersebut terdiri dari singkong rebus, kacang-kacangan dan makanan lokal lainnya.

"Misalnya, senam atau gowes di sini itu suguhan ya makanan tradisional. Minumnya bandrek bukan bir," kata dia.

Untuk terus melakukan penghematan, Basuki meminta Sekretariat Jenderal Kementeri PU Pera untuk mengevaluasi perjalanan dinas dan studi-studi pembangunan. Hal tersebut diakuinya telah dilakukan sebelum aturan penghematan itu diedarkan.

"Sejak saya jadi menteri, saya bilang ke sekjen untuk 2015 studi-studi itu dilihat lagi. Perjalanan dinas, swakelola dll itu dievaluasi lagi. Hematnya sekitar Rp 2 triliun. Itupun saya minta masih kurang. Kita dapat Rp 81 triliun masa cuma hemat Rp 2 triliun," tutupnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini