Pendaftaran Kartu Prakerja Resmi Dibuka, Terima 164.000 Peserta Gelombang Pertama

Sabtu, 11 April 2020 19:41 Reporter : Merdeka
Pendaftaran Kartu Prakerja Resmi Dibuka, Terima 164.000 Peserta Gelombang Pertama Menko Airlangga Saat Peluncuran Kartu Prakerja. ©2020 Foto: Zaki/Humas Ekon

Merdeka.com - Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, resmi membuka pendaftaran gelombang pertama program Kartu Prakerja secara online pada Sabtu 11 April 2020 pukul 19.00 WIB. Pemerintah akan menerima sekitar 164.000 peserta pada gelombang pertama pendaftaran yang akan berlangsung hingga 16 April 2020 pukul 16.00 WIB.

"Untuk tahap gelombang pertama ini setidaknya akan direkrut sebanyak 164.000 peserta gelombang pertama pendaftaran, dibuka dari sekarang sampai dengan hari Kamis 16 April 2020 pukul 16.00 WIB," kata Menko Airlangga dalam siaran pers online, Sabtu (11/4).

Setelah Kamis (16/4/2020) pukul 16.00 WIB, proses pendaftaran program Kartu Prakerja akan masuk ke dalam gelombang selanjutnya.

Menko Airlangga menyampaikan, program Kartu Prakerja ini dapat diakses masyarakat secara online melalui situs resmi www.prakerja.go.id. Dia menyebutkan, proses pendaftaran akan terbuka selama 24 jam dan 7 hari.

1 dari 1 halaman

Siapa yang Bisa Mendaftar?

bisa mendaftar

Selain untuk Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun ke atas, dia menyatakan, program Kartu Prakerja untuk saat ini juga bisa diikuti oleh para pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) hingga pelaku usaha yang kegiatannya terkena dampak virus corona.

"Kami juga mengajak para pekerja yang dirumahkan atau kehilangan pekerjaan dan para pelaku usaha mikro maupun kecil yang tutup usaha karena dampak Covid-19," ujar dia.

"Tujuan dari Kartu Prakerja yang semula untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ini juga untuk membantu meringankan beban biaya hidup masyarakat, utamanya membantu daya beli terutama untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan kata lain Kartu Prakerja ini juga berfungsi sebagai instrumen untuk menyalurkan bantuan sosial atau jaring pengaman sosial," tandasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

[bim]

Baca juga:
Pendaftaran Dibuka Malam Ini, Simak 4 Fakta Kartu Prakerja
Kartu Prakerja Segera Dibuka, Ini 7 Platform Pelatihan Digital yang Bisa Digunakan
Tak Dapat BLT, Masyarakat Bisa Manfaatkan Kartu Pra Kerja Penuhi Kebutuhan
Kartu Prakerja Mulai Diakses Minggu Kedua April, Begini Sistem Insentifnya
Cara Mudah Dapatkan Kartu Pra Kerja dan Daftar Onlinenya
Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online, Mudah Tak Perlu Ribet

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini