Pencaplokan Blok Mahakam oleh Pertamina gerus pendapatan Elnusa

Jumat, 25 November 2016 13:38 Reporter : Syifa Hanifah
Pencaplokan Blok Mahakam oleh Pertamina gerus pendapatan Elnusa eksplorasi minyak lepas pantai. shutterstock

Merdeka.com - PT Elnusa Tbk mencatat penurunan pendapatan sampai akhir September atau kuartal III 2016 sebesar 3,7 persen menjadi Rp 2,5 triliun jika dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 2,6 triliun. Penurunan ini disebabkan proses alih kelola Blok Mahakam dari Total E&P Indonesie kepada PT Pertamina (Persero).

"Tapi juga dengan rencana perpindahan blok Mahakam dari Total. Hal itu membuat pihak Total tidak melakukan invest besar-besaran. Itu ber-impact kepada kami," kata Budi di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (25/11).

Selain itu dirinya juga menjelaskan menurunnya pendapatan Elnusa juga imbas dari penurunan harga minyak dunia yang masih berlangsung. "Tahun ini ternyata lebih berat dibanding tahun lalu. Karena harga minyak turun terus sampai USD 30an," terangnya.

Elnusa juga mencatat penurunan laba bruto menjadi Rp 430 miliar dibanding tahun sebelumnya Rp 441 miliar. Pihaknya yakin dengan penurunan laba ini bisa ditekan melalui sejumlah efisiensi operasi.

"Turunnya nett profitnya bisa sampai 7 persen. Tapi pada dasarnya kalau kita hitung dengan kerugian kurs ya so so saja dari 2015," ujarnya. [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini