Pemulihan Pariwisata Imbas Pandemi Tak Bisa Cuma dengan Digitalisasi

Jumat, 19 Februari 2021 16:05 Reporter : Merdeka
Pemulihan Pariwisata Imbas Pandemi Tak Bisa Cuma dengan Digitalisasi Liburan. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Bambang Brodjonegoro, mendorong penggunaan alat skrining Covid-19 GeNose di sektor pariwisata. Hal ini dinilai penting karena sektor pariwisata membutuhkan kontak fisik yang lebih dominan dari sektor manapun.

Pandemi yang membatasi aktivitas fisik, sektor pariwisata terkena dampak yang paling besar. Menteri Bambang bilang, tes skrining ini akan membantu sektor pariwisata bangkit. Sebab, tidak seperti sektor lain, pariwisata hampir tidak bisa digantikan dengan digital.

"Meskipun ada yang menawarkan virtual tour guide. Misalnya, ke Kota Tua di Jakarta. Dia keliling di Kota Tua sambil cerita dan menunjukkan, ini lho ada restoran ini, ada patung ini. Mungkin itu suatu inovasi dalam membuat pariwisata tetap hidup. Tapi tetap saja, something is missing, the real experience," jelasnya dalam Launching GeNose untuk Kepariwisataan Indonesia, Jumat (19/2).

Pengalaman nyata (real experience) yang dimaksudnya berkaitan dengan sensasi yang dirasakan oleh para pelancong, yang tidak bisa serta merta digantikan dengan teknologi digital. Pengalaman tersebut haruslah bersifat fisik dan inklusif.

Kata Menteri Bambang, tidak mungkin ada tempat pariwisata eksklusif karena pasti akan banyak orang yang berdatangan. Oleh karenanya selama pandemi berlangsung, sektor pariwisata belum dapat diprediksi kapan pulih totalnya.

"Kalau saya jadi turis, itu bukan saya hanya sekadar tahu Bali seperti apa, Raja Ampat seperti apa, Komodo seperti apa. Kalau diceritain, nonton video, gampang. Tapi tetap saja habis melihat, apa ya, rasanya kalau saya yang di situ, jadi tetap ada yang hilang," katanya.

Dengan alasan tersebut, pihaknya ingin agar GeNose dapat didayagunakan agar bisa menghidupkan kembali sektor pariwisata.

"Karena GeNose ini alat skrining. Tujuan skrining, tujuan GeNose, mencegah orang yang positif ada di antara kita. Jadi supaya masuk ke suatu tempat itu lebih aman karena tidak ada yang positif," katanya.

Baca Selanjutnya: Sandiaga Uno Gandeng Grab Indonesia...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini