Pemudik Diimbau Batasi Kecepatan Maksimal di Ruas Tol Kayu Agung-Palembang

Jumat, 24 Mei 2019 15:22 Reporter : Merdeka
Pemudik Diimbau Batasi Kecepatan Maksimal di Ruas Tol Kayu Agung-Palembang Tol Trans Sumatera. Istimewa ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengimbau agar pemudik untuk membatasi kecepatan pada ruas Kayu Agung-Palembang di Tol Trans Sumatera maksimal sebesar 40 km/jam. Mengingat, ruas tol ini masih fungsional dari bagian Tol Trans Sumatera.

"Kayu Agung-Jakabaring karena kondisi yang masih fungsional dan tidak sebagus yang di sini, kecepatan kita batasi maksimal 40 km/jam. Belum ada rambu, tapi kita minta buat rambu dan penunjuk yang jelas mengenai batas kecepatan," tuturnya di Lampung, Jumat (24/5).

Dia menjelaskan, kondisi fisik jalan tol yang belum final akan membahayakan keselamatan penumpang jika kecepatan melebihi batas 40km/jam. Namun, tol Trans Sumatera dipastikan siap digunakan untuk jalur mudik Lebaran 2019.

"Karena kalau kecepatan tinggi tapi masih belum diperkeras bisa bergerak, kondisi enggak nyaman kalau di atas 60 km/jam. Kondisi fisik jalan belum final. Ada dua, yaitu yang riglid pavement sifatnya beton dan yang aspal. Di sana belum dua-duanya. Kalau ada batuan kecil ditutup pakai spray atau aspal untuk mengikat batuannya," imbuhnya.

Seperti diketahui, jalan tol yang menghubungkan Lampung hingga Palembang ini memiliki total panjang kurang lebih 306.06 km. Itu dengan 174.06 km sudah berfungsi operasional dan 186 km masih fungsional.

Untuk memastikan kesiapan jalur mudik, Kepala Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro menjelaskan bahwa pihaknya telah mempersiapkan 12 Tempat Istirahat/Rest Area dengan fasilitas berupa musala, toilet dan SPBU modular dari Bakauheni hingga Kayu Agung.

Selain itu, beberapa titik top up uang elektronik juga telah disiapkan mengingat transaksi di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar telah sepenuhnya menggunakan uang eletronik/non-tunai.

Reporter: Bawono Yadika

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini