Pemprov DKI Klaim Sudah Antisipasi Sebelum Covid-19 Masuk RI

Kamis, 26 November 2020 11:58 Reporter : Dwi Aditya Putra
Pemprov DKI Klaim Sudah Antisipasi Sebelum Covid-19 Masuk RI PSBB Transisi di Ibu Kota diperpanjang. ©2020 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Kependudukan dan Permukiman Provinsi DKI Jakarta, Suharti, mengklaim penanganan Covid-19 di Jakarta sudah lebih dulu dilakukan sebelum virus asal China itu masuk ke Indonesia. Bahkan, seluruh fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan sudah dipersiapkan dengan matang.

"Kita sudah bergerak dari Januari sebelum ada kasus Covid-19 di Indonesia. Kita sudah mulai berikan pemahaman kepada semua tenaga kesehatan untuk siap-siap adanya Covid-19," kata dia dalam diskusi Aksi Menuju Pembangunan Berkelanjutan Dalam Masa Pandemi Covid-19, di Jakarta, Kamis (26/11).

Dia mengatakan, pada saat itu kasus Covid-19 di global terus meluas dan bergerak sejak Februari. Kemudian pada Maret awal kasus positif Covid-19 mulai masuk ke Indonesia. Pemprov DKI Jakarta langsung bertindak cepat, dengan membentuk tim tanggap.

"Ada kasus positif terjadi di luar (Jakarta). Kita bergerak langsung membuat tim tanggap di bagi menjadi beberapa bidang memastikan penanganan Covid-19 bisa berjalan dengan baik," ujar dia.

Seiring dengan penyebaran yang semakin masif, Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk mengambil kebijakan. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilakukan. Hanya ada beberapa sektor saja saat itu yang masih diizinkan untuk beroperasi.

"Sampai akhirnya kita putuskan untuk penutupan sekolah," kata dia. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini