Pemilik Indofood lirik saham perusahaan unggas terbesar Malaysia

Senin, 7 Desember 2015 16:44 Reporter : Idris Rusadi Putra
Pemilik Indofood lirik saham perusahaan unggas terbesar Malaysia Anthony Salim. REUTERS

Merdeka.com - Konglomerat Tanah Air, Anthony Salim melalui Salim Grup dikatakan sedang mengincar 20 persen saham perusahaan pemain unggas terbesar Malaysia yang berbasis di Penang. Perusahaan tersebut adalah CAB Cakaran Corp Bdh, yaitu satu perusahaan integrator terbesar di Malaysia yang sudah berdiri selama lebih dari 30 tahun.

Cab Cakaran memiliki satu farm Grand Parent Stock (GPS) kerja sama dengan perusahaan PKNK, dan sembilan farm Parent Stock (PS). Semuanya menerapkan sistem kandang tertutup (closed house) dan juga biosecurity.

Sumber terdekat mengatakan bahwa kedua pihak perusahaan telah melakukan pembicaraan dan kesepakatan akan dibentuk dalam waktu dekat.

"Pembicaraan telah berlangsung selama berbulan-bulan antara kedua pihak CAB Cakaran dan Salim Grup, mereka akan segera memutuskan," ucap sumber tersebut seperti dilansir dari theedgemarkets, Senin (7/12).

Rinican tentang bagaimana Salim Grup membeli saham CAB Cakaran belum diketahui secarai detail. Tapi, pemegang saham terbesar perusahaan CAB cakaran saat ini adalah Chuah Ah Bee dengan istrinya Chan Kim Keow sekitar 55 persenn. Pemegang utama lainnya saham CAB Cakaran adalah Tan Chin Tee dengan porsi 5,4 persen.

Cab Cakaran bergerak di lima divisi bisnis, yaitu integrasi perunggasan dan pemrosesan, kemudian yang kedua divisi pemasaran dan pemrosesan makanan. Sedangkan selanjutnya adalah divisi Supermarket, serta restoran dan retail (franchising). Sedangkan divisi terakhir adalah produk laut dan manufaktur.

Industri ini mampu menghasilkan 700.000 PS per tahun di mana 55 persen dipelihara sendiri oleh perusahaan. Sisanya dijual ke peternak lokal dan luar negeri. Cab Cakaran mampu menetaskan sekitar 45 juta day old chick/ayam umur sehari (DOC) per tahun.

Keuangan CAB Cakaran per 30 September 2015 mencatat laba bersih mencapai 16,04 juta Ringgit Malaysia dan pendapatan sebesar 891,69 juta Ringgit Malaysia. Angka laba naik 43,7 persen yang didukung oleh anak perusahaan yang diakusisi Singapura, yaitu Tong Huat Unggas Pte Ltd dan Ban Hong Unggas Pte Ltd.

CAB Cakaran menjual telur dan ayam broiler ke Singapura serta ke restoran makanan cepat saji Malaysia, Kyros Kebab.

Antony Salim adalah salah satu orang terkaya Indonesia berkat usahanya membangun perusahaan mie instant dan tepung terigu. Anthony Salim pernah dinobatkan sebagai taipan terkaya nomor 3 di Indonesia versi Majalah Globe Asia.

Perusahaan paling penting yang dimiliki Anthony Salim adalah PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan PT Bogasari Flour Mills. [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini