Pemerintah Tunda Penerapan Program B40 Tahun ini

Kamis, 14 Januari 2021 17:56 Reporter : Merdeka
Pemerintah Tunda Penerapan Program B40 Tahun ini Uji Coba Penggunaan Bahan Bakar B30. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, mengatakan besar kemungkinan program biodiesel 40 persen (B40) tak dijalankan tahun ini.

Batalnya rencana penerapan B40 dikarenakan harga BBM saat ini mengalami penurunan. Di sisi lain, harga sawit sedang meningkat, sehingga B40 diproyeksi membutuhkan insentif biodiesel yang lebih besar dari B30.

"Per tahun ini saya tidak melihat kita akan meningkatkan B30 jadi B40. Tapi secara teknis kita siapkan," ujar Dadan dalam konferensi pers Ditjen EBTKE, Kamis (14/1).

Insentif untuk B30 sendiri, kata Dadan, nilainya mencapai Rp 46 triliun dengan jumlah kuota 9,2 juta kilo liter (KL). Angka ini juga sudah melalui hitung-hitungan yang dikoordinasikan Kemenko Perekonomian.

"Ada duitnya? Insya Allah untuk tahun ini ada dengan adanya perubahan tarif untuk pungutan ekspor. Kalau untuk B40 ada tidak duitnya? Itulah salah satu kenapa kita tidak jadi terapkan B40 di tahun ini, selain konsumsi BBM tidak nambah, harga sawit lagi bagus," jelas Dadan.

Baca Selanjutnya: Selanjutnya...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini