Pemerintah Tekankan Peran Penting Perempuan untuk Indonesia Maju 2045

Sabtu, 17 April 2021 18:30 Reporter : Merdeka
Pemerintah Tekankan Peran Penting Perempuan untuk Indonesia Maju 2045 Ilustrasi manajer konstruksi. ©2014 Merdeka.com/nwasianweekly.com

Merdeka.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan perempuan memiliki peran penting dalam membantu mewujudkan Indonesia sebagai negara berpenghasilan tinggi pada 2045. Pada saat itu, Indonesia menargetkan menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke empat di dunia.

Menurut Menteri Budi, akan sulit target tersebut dicapai jika tidak didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik, termasuk perempuan. Indonesia pada 2045 menargetkan pendapatan per kapita mencapai USD 20.000.

"Tapi kalau kita tidak melakukan sesuatu untuk Indonesia maju, Kartini-nya tidak memberikan komitmen, saya pikir itu tidak mudah untuk dilakukan," kata Menteri Budi dalam webinar Kagama pada Sabtu (17/4).

Oleh sebab itu, katanya, pemerintah saat ini terus bergerak termasuk memperbaiki infrastruktur. Meski memakan biaya yang mahal dan tidak mudah, tapi kualitas SDM harus terus ditingkatkan untuk mewujudkannya.

"Kartini-kartini mempunyai peran untuk bisa meningkatkan SDM, sektor keuangan juga demikian," sambungnya.

Mengutip dari Bank Indonesia (BI), lebih dari 60 persen UMKM di Indonesia dikelola oleh perempuan. Ini semakin membuktikan peran perempuan dalam menggerakkan perekonomian dan mewujudkan Indonesia maju 2045.

"Usaha mereka itu pengelolaannya andal, mengagumkan, mereka tidak ada bos, mengerjakan sendiri, dan menghasilkan. Ini penting karena suatu langkah masif katakanlah kecil, tapi menjadi pemain-pemain penting secara kolektif bisa berkontribusi untuk Indonesia maju 2045," ungkap Menteri Budi.

Baca Selanjutnya: Presiden Jokowi di Hari Ibu:...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini