KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Pemerintah tambah lima trayek tol laut tahun depan

Kamis, 17 November 2016 12:06 Reporter : Novita Intan Sari

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menambah lima trayek tambahan tol laut pada 2017 mendatang. Langkah ini guna meningkatkan pelayaran distribusi barang di laut ke daerah-daerah tertinggal, terpencil dan perbatasan.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Bay M Hasani mengatakan rencana pemerintah menggarap tol laut tak lain untuk meningkatkan produktivitas masyarakat.

"Penambahan lima trayek itu, mulai T-7 sampai T-11. Kemudian kita juga mencanangkan program Rumah Kita, merupakan rumah yang mengelola barang-barang yang diangkut kapal laut," ujar Bay di kantornya, Jakarta, Kamis (17/11).

Bay menjelaskan, Rumah Kita akan terbangun pada Januari 2017 mendatang. Bersamaan dengan hal tersebut, pemerintah akan menambah tiga rute baru, yakni Sumatera bagian barat mulai Padang sampai Sibolga. Rute kedua diantara Pulau Kalimantan dan Sulawesi dan rute ketiga di Maluku.

Di sisi trayek tol laut, pemerintah akan melibatkan swasta. Namun, implementasinya masih menunggu penetapan RAPBN 2017, diharapkan bisa segera ditetapkan sehingga program laut dapat berjalan tanpa ada hambatan.

"Melelangkan ke swasta tidak melibatkan ke Pelni tetapi kalau mau lelang silahkan saja," jelas dia.

Sebelumnya, Pelni memproyeksikan untuk menjalankan setidaknya 9 rute tol laut pada 2017, guna terus mengurangi disparitas harga di kawasan timur Indonesia. [sau]

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.