Pemerintah tak siapkan penanganan khusus kenaikan harga pangan jelang Tahun Baru 2018

Jumat, 29 Desember 2017 13:36 Reporter : Anggun P. Situmorang
Menko Darmin Nasution. ©2017 merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, mengadakan rapat koordinasi terkait pengawasan harga pangan jelang 2018. Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Urusan Logistik (BULOG), Djarot Kusumayakti.

Menko Darmin mengakui, jelang tahun baru, beberapa bahan pangan memang mengalami kenaikan harga apabila dibandingkan dengan bulan bulan sebelum penutupan tahun. Adapun beberapa bahan pangan yang mengalami kenaikan harga yaitu ayam, telor dan beras.

"Sebagian besarnya itu ya berjalan dengan normal tapi ada yang sedikit lebih tinggi dari normalnya. Normalnya itu maksudnya beberapa bulan belakangan ini. Yang pertama, kalau harga telur dan ayam tapi juga beras naik sedikit," ujar Menko Darmin di Kantornya, Jakarta, Jumat (29/12).

Menko Darmin mengatakan sejauh ini pihaknya, masih mengkaji apakah diperlukan langkah khusus untuk mengamankan harga pangan. "Kami memastikan saja di akhir tahun ini, apa perlu ambil langkah atau tidak. Kelihatannya tidak ada yang khusus," jelasnya.

Mantan Gubernur Bank Indonesia tersebut menambahkan, sejauh ini pasokan bahan pangan seperti beras untuk akhir tahun tergolong aman. "Arus beras ke Pasar Induk Cipinang itu masih normal. Ada sedikit penurunan dari normalnya tapi masih di atas 3.000 ton sehari," tandasnya.

[bim]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.