Pemerintah Tak Bakal Buru-buru 'Impor' Maskapai Asing

Selasa, 11 Juni 2019 14:19 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Pemerintah Tak Bakal Buru-buru 'Impor' Maskapai Asing Menko Luhut. ©2018 Merdeka.com/Yayu

Merdeka.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memberikan penjelasan terkait rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendatangkan maskapai asing. Rencana tersebut akan dilakukan dengan perhitungan yang matang dan bertahap.

"Ya bisa nanti, tapi kita harus lakukan bertahap tidak boleh juga terus semuanya cepat. Presiden maksudnya begitu juga," kata dia saat ditemui, di Gedung BPPT, Jakarta, Selasa (11/6).

Luhut pun mengatakan bahwa saat ini, sudah ada maskapai penerbangan asing yang beroperasi di tanah air, yakni Air Asia. "Sekarang sudah ada kan AirAsia," ujar dia.

Berbagai hal perlu diperhatikan dalam mengundang maskapai asing. Penentuan rute yang bakal diambil oleh maskapai, misalnya, juga akan menjadi bahan pertimbangan Pemerintah.

"Kan sudah ada. Tinggal nanti lah kita lihat pelan-pelan tidak terburu-buru," jelas Luhut.

Maskapai asing yang masuk ke Indonesia, kata dia, nantinya tidak bisa hanya melayani rute-rute gemuk, tapi juga harus mau melayani penerbangan ke di rute-rute yang tidak menguntungkan secara bisnis.

"Air Asia ini sekarang dia boleh saja dapat rute tapi jangan hanya rute gemuk dong, dia juga harus mau pada rute rute yang juga subsidi. Nah itu membuat supaya lebih efisien," tandas dia. [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini