Pemerintah Suntik Program Padat Karya Tunai Desa Rp 41 Triliun

Selasa, 28 Juli 2020 14:58 Reporter : Merdeka
Pemerintah Suntik Program Padat Karya Tunai Desa Rp 41 Triliun Abdul Halim Iskandar. ©Humas UNY Yogyakarta

Merdeka.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, bakal alokasikan sisa anggaran penanganan Covid-19 sekitar Rp 41 triliun untuk program padat karya. Menurutnya, program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dinilai efektif untuk menekan laju kemiskinan di desa.

"Setelah BLT sudah tertata semua, kita fokus untuk dana desa yang masih tersedia di desa-desa sekitar Rp 41 triliun perkiraannya, kita arahkan semaksimal mungkin untuk PKTD," ujarnya dalam konferensi pers Selasa (28/7).

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka kemiskinan di desa dalam periode Maret 2019 – Maret 2020 mengalami penurunan hingga 0,03 persen. Berbeda dengan angka kemiskinan di perkotaan yang justru mengalami peningkatan sebesar 0,69 persen.

"PKTD sangat penting, karena sebelum covid 19 dan dana desa mulai salur pada akhir Januari, kita saat itu fokus pada PKTD. Ada satu kenyataan bahwa hasil yang menunjukkan terjadinya penurunan kemiskinan di Bulan Maret 2020," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Padat Karya Tunai Serap Ratusan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini