Pemerintah Siapkan Anggaran Rp3,4 Triliun Bangun Jembatan Batam-Bintan

Jumat, 23 April 2021 21:00 Reporter : Idris Rusadi Putra
Pemerintah Siapkan Anggaran Rp3,4 Triliun Bangun Jembatan Batam-Bintan Menteri PPN dan Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. ©2021 Biro Humas dan Tata Usaha Pimpinan Kementerian PPN/Bappenas

Merdeka.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa mengatakan, pemerintah pusat sudah menyiapkan anggaran pembangunan jembatan Batam Bintan sebesar Rp3,4 triliun.

Suharso menyampaikan bahwa anggaran tersebut tidak mencukupi untuk membangun jembatan penghubung Pulau Batam dan Pulau Bintan dengan total panjang 7,685 kilometer.

"Pemerintah hanya menanggung pembangunan jembatan sepanjang 2,134 kilometer. Dari Kabil, Kota Batam - Tanjung Sauh," kata Suharso dikutip dari Antara, Jumat (23/2).

Sementara sisa jembatan sepanjang 5,561 kilometer, dari Tanjung Sauh - Pulau Buau - Bintan. Menurut Suharso, bakal ditawarkan kepada pihak swasta atau investor.

Oleh karena itu, katanya, proyek strategis nasional itu baru akan dibangun secara keseluruhan setelah ada investor yang bersedia menanggung pembiayaannya.

"Pembangunannya memakai skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU)," imbuhnya.

Baca Selanjutnya: Mulai Dibangun 2022...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini