Pemerintah Siapkan 21 Titik Random Test Covid-19, Ini Rincian Lokasinya

Sabtu, 15 Mei 2021 18:30 Reporter : Sulaeman
Pemerintah Siapkan 21 Titik Random Test Covid-19, Ini Rincian Lokasinya Arus mudik di Pelabuhan Merak. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah telah memutuskan untuk menerapkan kebijakan Random Test dan Mandatory Check Covid-19, sebagai upaya pencegahan peningkatan kasus Covid-19 pasca libur Lebaran. Ketentuan baru ini berlaku mulai hari ini, Sabtu 15 Mei 2021.

"Random-Test diterapkan untuk perjalanan dari beberapa Provinsi di Pulau Jawa menuju Jakarta, sedangkan Mandatory-Check untuk perjalanan dari Sumatera menuju ke Jawa dan Jakarta, yang diberlakukan mulai hari ini 15 Mei 2021," kata Airlangga dalam Antisipasi Mobilitas Masyarakat dan Pencegahan Lonjakan Kasus Covid-19 Pasca Libur Lebaran pada Sabtu (15/5).

Keputusan penerapan kebijakan ini merupakan hasil dari koordinasi antar instansi pusat dan daerah. Mulai 15 Mei 2021 akan dilakukan Mandatory Check Covid-19 atas Dokumen Rapid Test-PCR, Swab-Test Antigen dan GeNose di Pelabuhan Bakauheni untuk semua pelaku perjalanan (sesuai SE-13/2021). Mandatory-Check Covid-19 diterapkan untuk arus balik dari wilayah di Pulau Sumatera ke Jakarta melalui penyeberangan Bakauheni – Merak, dan akan dilakukan di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung.

Sedangkan penerapan Random Test Covid-19 dilakukan untuk arus pergerakan masyarakat dari Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Barat menuju Jakarta (baik melalui Jalan Tol maupun Jalan Nasional). Pengecekan Random Test Covid-19 dengan Rapid Test-Antigen ada di sekitar 21 lokasi titik pengecekan di seluruh Provinsi yang ada di Pulau Jawa menuju Jakarta.

Random-Test di jalan tol dilakukan di 21 lokasi titik pengecekan, terbagi dalam 2 kelompok:

- Untuk Jalan Tol Trans-Jawa yang dikelola Jasa Marga (dari Timur menuju Jakarta) terdapat 18 lokasi: (a) 13 lokasi di Rest Area Jalan Tol, (b) 4 lokasi di Pintu Masuk Tol Utama, (c) 1 lokasi di eks Gerbang Tol Cikarang Utama KM.31.

- Untuk Jalan Tol Jakarta-Merak (dari Barat menuju Jakarta) terdapat 3 lokasi: (a) 2 lokasi di Rest-Area KM.45 dan KM.68, (b) 1 lokasi di Pintu Masuk Tol Cikupa.

Sedangkan Random Test Covid-19 di jalan nasional ada di beberapa lokasi. Untuk sementara diterapkan di 4 lokasi, dan akan disesuaikan dengan update kondisi di lapangan berdasarkan laporan dari Ditlantas Polda: (a) Lokasi di Jembatan Timbang Balonggandu, Karawang - Jabar, (b) Lokasi di Pos Tegal Gubug di Susukan, Cirebon – Jabar, (c) lokasi antara Indramayu – Jatibarang dan antara Sukabumi – Cianjur arah ke Jakarta.

"Informasi dari Kemenhub sudah lebih 1,5 juta orang yang melakukan perjalanan keluar Jakarta, karena itu perlu diantisipasi kembalinya pasca libur lebaran," tutur Airlangga.

Baca Selanjutnya: Imbauan untuk Gubernur...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini