Pemerintah Siap Bantu, Generasi Milenial Didorong Memulai Wirausaha

Senin, 11 Maret 2019 13:58 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Pemerintah Siap Bantu, Generasi Milenial Didorong Memulai Wirausaha Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dorong generasi muda wirausaha. ©2019 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, saat memberikan kuliah umum di Universitas Tarumanegara (Untar), mendorong generasi muda atau milenial agar berani memulai bisnis alias menjadi wirausaha. Menurut dia, siapa saja dapat menjadi pebisnis.

"Entreperenurship milik semua orang. Itu bukan genetik. Jadi bukan karena genetik DNA. Saya mengambil contoh Bill Gates, Jack Ma. Mereka itu pemimpi. Adalah orang memulai usaha dari nol bukan karena dia dapat warisan," kata dia, di Jakarta, Senin (11/3).

Agar sukses, hal penting yang perlu dipikirkan oleh anak muda yang mau berbisnis, kata dia, yakni terkait sektor bisnis yang mau digeluti. Sejak awal harus sudah menentukan lini bisnis yang akan dilakukan.

Pemerintah pun terus berusaha untuk memfasilitasi siapa saja yang mau memulai bisnis. Salah satunya lewat penyederhanaan proses perizinan.

"Tapi kamu harus sudah tahu mau bisnis apa. Bukan kita dikte. Kamu bisnis ini. Kamu bisnis itu," tegasnya.

Selain itu, fasilitas lain yang juga telah dilakukan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perdagangan adalah memberikan pendampingan lanjutan bagi pelaku usaha, misalnya pendampingan dalam mendesain kemasan produk.

"Kita juga sudah punya dekat-dekat sini. Kita kerjasama dengan universitas-universitas. Untuk mendesain kemasan. Kalau wirausaha generasi muda mau masuk pasar ekspor tentu kemasan harus bagus. Kita dampingi," tandasnya. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini