Pemerintah Serahkan 3.000 Sertifikat Ahli Tenaga Konstruksi

Kamis, 21 Maret 2019 13:29 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Pemerintah Serahkan 3.000 Sertifikat Ahli Tenaga Konstruksi Menko Darmin dan Menteri Basuki Serahkan 3 Ribu Sertifikat Ahli Tenaga Konstruksi. ©Liputan6.com/Maulandy Rizki Bayu Kencana

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memberikan sertifikat digital kepada 3.000 orang, di mana mayoritas merupakan mahasiswa yang telah dilatih dan dididik menjadi tenaga ahli konstruksi.

Darmin menyampaikan, pemerintah sejak 2015 telah gencar membangun infrastruktur. Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemudian meminta agar hal itu dilengkapi dengan meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) para pelakunya.

"Oleh karena itu sangat keras bapak Presiden meminta, agar pembangunan SDM mulai bekerja penuh tahun 2020. Kalau ingin bekerja penuh tahun 2020, maka 2019 kita harus sudah mempersiapkan, bahkan memulainya," ujar Darmin dalam pameran Indo Build Tech Expo di ICE BSD, Tangerang Selatan, Kamis (21/3).

Sejak periode 2015-2016, dia menyebutkan, pemerintah telah membangun 223 proyek dan 3 program strategis nasional. Hasilnya, ada sebanyak 62 proyek yang sudah rampung 100 persen dengan total nilai investasi Rp 320 triliun.

Dia mengatakan, pada tahun ini akan semakin banyak proyek sisa yang selesai. Jika sudah rampung, lanjutnya, maka akan menghasilkan kegiatan ekonomi dan melahirkan transformasi ekonomi di berbagai wilayah yang terbangun infrastrukturnya.

"Bukan hanya mendorong konektivitas saja. Itu membangun basis wilayah dimana infrastruktur itu dibangun. Tentu saja itu semua bisa dibangun berkat adanya tenaga ahli konstruksi," tutur Darmin.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini