Pemerintah selesaikan kajian kebutuhan dana rehabilitasi Palu-Donggala dalam seminggu

Jumat, 5 Oktober 2018 13:57 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Pemerintah selesaikan kajian kebutuhan dana rehabilitasi Palu-Donggala dalam seminggu Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Harmensyah. ©2018 Merdeka.com/Yayu

Merdeka.com - Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), Harmensyah, menyebutkan pihaknya baru akan melakukan kajian pada hari ini untuk menghitung berapa anggaran yang dibutuhkan dalam penanganan bencana Palu-Donggala. Saat ini, lanjutnya, timnya sudah mulai terjun ke lapangan untuk melakukan kajian.

"Kita hari ini turun tim semua untuk melakukan kaji kebutuhan pasca bencananya ya, itu kita dalam seminggu kita selesaikan. Namun untuk penanganan darurat kita sudah berikan juga dana-dana operasi darurat," kata dia saat ditemui usai rapat koordinasi di Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Jumat (5/10).

Kendati demikian, anggaran Rp 560 miliar sejauh ini sudah digunakan untuk kebutuhan kedaruratan. Seperti, dia menyebutkan masing-masing Komando Resort Militer atau yang lebih dikenal dengan sebutan Korem di Sulawesi Tengah diberi anggaran sebesar Rp 250 juta untuk tahap pertama.

"Untuk di korem Palu, Donggala itu masing-masing yang pertama ini Rp 250 juta dulu untuk mengawali kegiatan," tutupnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani belum dapat memastikan apakah dana tersebut mencukupi atau tidak untuk penanganan bencana di Sulawesi Tengah tersebut.

"Kalau (anggaran Rp 560 miliar) BNPB itu habis, mereka akan menyampaikan ke kita, kita akan support," kata Menkeu Sri Mulyani.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini