Pemerintah Pastikan Penataan Labuan Bajo Tetap Perhatikan Aspek Lingkungan

Selasa, 23 Februari 2021 09:08 Reporter : Dwi Aditya Putra
Pemerintah Pastikan Penataan Labuan Bajo Tetap Perhatikan Aspek Lingkungan Ilustrasi Labuan Bajo. ©Creative Commons/Khoirul Amri

Merdeka.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan penataan infrastruktur Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak melupakan aspek konservasi lingkungan. Terlebih pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) tersebut direncanakan secara terpadu.

“Pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pengembangan infrastruktur yang mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial dan ekonomi,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljoni dikutip dari laman resminya, Selasa (23/2).

Salah satu kawasan di DPSP Labuan Bajo yang ditata adalah Pulau Rinca yang saat ini kemajuannya (progresnya) mencapai 37 persen. Penataan ini meliputi pertama Dermaga Loh Buaya, yang sudah ada (eksisting), kedua bangunan pengaman pantai yang sekaligus berfungsi sebagai jalan setapak untuk akses masuk dan keluar ke kawasan tersebut.

Ketiga Elevated Deck pada ruas eksisting, berfungsi sebagai akses yang menghubungkan dermaga, pusat informasi serta penginapan ranger, guide dan peneliti. Ini dirancang setinggi 2 meter agar tidak mengganggu aktivitas komodo dan hewan lain yang melintas serta melindungi keselamatan pengunjung.

Keempat Bangunan Pusat Informasi yang terintegrasi dengan elevated deck, kantor resort, guest house dan kafetaria serta, kelima bangunan penginapan untuk para ranger, pemandu wisata, dan peneliti, yang dilengkapi dengan pos penelitian dan pemantauan habitat komodo.

Baca Selanjutnya: Selanjutnya...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini