Pemerintah Pastikan Pembangunan Infrastruktur Tetap Lanjut di Tengah Pandemi

Rabu, 20 Januari 2021 12:43 Reporter : Dwi Aditya Putra
Pemerintah Pastikan Pembangunan Infrastruktur Tetap Lanjut di Tengah Pandemi Menteri Keuangan Sri Mulyani. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, di tengah suasana Covid-19 pemerintah tidak melupakan kegiatan pembangunan. Pemerintah tetap komitmen menjalankan seluruh program-program pembangunan baik di bidang pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur lainnya.

"Oleh karena itu kita tetap juga berharap, meski dalam suasana covid, menjalankan program-program pembangunan," kata dia dalam acara Forum Kebijakan Pembiayaan Proyek Infrastruktur Melalui SBSN di Jakarta, Rabu (20/1).

Dia menyebut untuk bisa mendukung proses pembangunan di dalam suasana luar biasa saat ini, maka pemerintah terus berupaya untuk menciptakan, memelihara dan mengembangkan instrumen-instrumen pembiayaan pembangunan yang sifatnya kreatif. Salah satunya yakni Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

"Jadi 2013 kami mulai mengembangkan proyek-proyek yang langsung dibiayai SBSN. Jadi SBSN langsung terkait dengan proyek yang sedang dibangun," sebut dia.

Pembiayaan melalui SBSN merupakan upaya pemerintah di dalam meningkatkan apa yang disebut perkembangan ekonomi syariah dan instrumen syariah di Indonesia. Terlebih kehadiran Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS) juga bertujuan untuk mengembangkan berbagai instrumen dan ekosistem sehingga makin melengkapi dan menguatkan perekonomian Indonesia.

Sementara itu, terkait dengan SBSN yang dihubungkan dengan proyek, maka kerjasama sangat erat dengan Kementerian atau Lembaga menjadi luar biasa penting. Dengan begitu, semakin banyak proyek-proyek pembangunan yang bisa dibiayai dengan SBSN.

"Sebagai menkeu, saya berharap untuk semua proyek walaupun gunakan semua instrumen tentu harus deliver dengan baik," jelas dia. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini