Pemerintah Pastikan H-10 Jalur Mudik Lebaran 2019 Bebas Lubang

Senin, 20 Mei 2019 16:18 Reporter : Merdeka
Pemerintah Pastikan H-10 Jalur Mudik Lebaran 2019 Bebas Lubang Jalan rusak di jalur mudik 2019. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Pemerintah, selain mempersiapkan ruas tol untuk dioperasikan pada mudik Lebaran 2019, juga melakukan perbaikan pada ruas-ruas jalan nasional non-tol untuk bisa digunakan oleh para pemudik. Salah satunya yaitu jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sugiyartanto mengatakan, untuk Jawa, jalur non-tol yang bisa digunakan oleh para pemudik nanti yaitu jalur Pantura, jalur Pantai Selatan (Pansela) dan jalur tengah.

Untuk Pantura sepanjang 1.341 kilometer (Km) saat ini sudah siap digunakan atau mantap 97 persen. Menurut Sugiyartanto, di jalur ini memang masih terdapat lubang, namun ditargetkan lubang tersebut sudah selesai diperbaiki H-10 Lebaran.

"Khusus di Jawa, di Pantura memang masih ada 1-2 lubang. Tetapi H-10 sudah beres semua," ujar di dalam Forum Merdeka Barat 9 di Jakarta, Senin (20/5).

Untuk jalur Pansela, dari 1.405 km, sepanjang 981 Km sudah siap digunakan atau mantap 83 persen. Masyarakat diharapkan juga bisa memanfaatkan jalur ini untuk mudik karena menawarkan keindahan alam di sepanjang perjalanan.

"Pansela ini kita sebut non-tol road tourism karena banyak tempat pariwisata seperti Pangandaran, kemudian pantai selatan Yogyakarta," kata dia.

Selain dua ruas tersebut, masih ada pilihan jalur alternatif non-tol bagi para pemudik saat mudik Lebaran 2019, yaitu lintas tengah jawa dengan panjang 1.197 Km dengan kesiapan atau mantap 93 persen dan lintas selatan Jawa sepanjang 888 Km dengan kemantapan 98 persen. "Jadi selain mengurus tol, Binamarga juga mengurus jalur non-tol dari Jakarta menuju ke timur," tandas dia.

Reporter: Septian Deny
Sumber: Liputan6.com [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini